EmitenNews.com - Demi mendukung percepatan kendaraan ramah lingkungan untuk transisi energi berkelanjutan di bidang transportasi, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar acara sosialisasi dan edukasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Balikpapan, Kalimantan Timur.


Digelarnya acara Electric Vehicle Fun Day pada Minggu (12/11/2023) ini menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mengajak masyarakat untuk beralih ke energi berkelanjutan.


Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan mengingatkan isu global yang menjadi pembahasan saat ini adalah mengenai low emission mobility. Sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam mempercepat penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menhub No. PM 39 tahun 2023 tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.


"Peraturan ini disusun bertujuan untuk mewujudkan energi bersih, kualitas udara bersih dan ramah lingkungan, serta komitmen Indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca khususnya pada sektor transportasi jalan," jelasnya.


Selain itu, Indonesia merupakan pasar potensial dari segi produksi dan penggunaan kendaraan listrik. Oleh karena itu, pemerintah turut mendorong penguasaan teknologi industri dan rancang bangun kendaraan demi mewujudkan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor kendaraan bermotor.


Lebih lanjut, Danto menuturkan bahwa perlu adanya sebuah sinergitas untuk membentuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. "Dalam membentuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, diperlukan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, pelaku industri otomotif, industri kreatif, dan komunitas serta masyarakat pada umumnya," tuturnya.


Sebagai informasi, saat ini populasi kendaraan listrik di Indonesia sudah mencapai 95 ribu unit kendaraan yang terdiri dari sepeda motor roda dua, roda tiga, mobil penumpang, mobil bus dan mobil barang.


Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang ikut serta dalam pelaksanaan acara ini, "Semoga dengan terbentuknya ekosistem kendaraan listrik dapat memberikan kontribusi signifikan bagi perbaikan sistem transportasi di Indonesia," jelasnya.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Yosep Gunawan menjelaskan pihaknya akan bekerja sama dengan berbagai pihak dalam mengimplementasikan kebijakan kendaraan ramah lingkungan.


"Kami pun akan bekerja sama dengan pihak swasta dan komunitas untuk mengoptimalkan implementasi kebijakan ini," kata Yosep.


Selain itu, ia pun turut mengajak masyarakat Balikpapan untuk mendukung langkah-langkah positif dalam percepatan mewujudkan sistem transportasi yang ramah lingkungan.


"Mari kita tinggalkan jejak positif bagi generasi mendatang dengan menjadi bagian dari solusi perubahan iklim dan pelestarian lingkungan. Kita semua adalah mitra penting dalam mewujudkan Balikpapan yang hijau, bersih dan berkelanjutan," pungkasnya.


Adapun, acara sosialisasi dan edukasi ini diawali dengan riding dari Taman Bekapai menuju Lapangan Merdeka yang diikuti komunitas motor listrik, senam sehat, kemudian dilanjutkan dengan sesi talkshow dan berbagai hiburan seperti pembacaan pemenang lomba, pengundian doorprize, serta penampilan para musisi.(*)