EmitenNews.com - Sinergi pemerintah daerah dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini keren. Mereka membangun kampung perikanan budi daya rumput laut di Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Tenggara.


Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Tb Haeru Rahayu dalam rilis di Jakarta, Rabu (20/4/2022), sangat mengapresiasi langkah konkret dan sinergi positif yang telah dilakukan pemda dalam membangun industri rumput laut di Sulawesi Selatan. Kesibukan masyarakat menggeluti budidaya rumput laut itu, menggembirakan.


"Saya melihat sendiri kesibukan sangat luar biasa dari masyarakat pelaku usaha budidaya di sini yang menunjukkan geliat keekonomian dari subsektor perikanan budidaya sangat menjanjikan khususnya untuk komoditas rumput laut, yang saat ini harga jual di level pembudidaya mencapai Rp33 ribu/kilogram," kata Dirjen  Perikanan Budidaya KKP Tb Haeru Rahayu.


Meskipun hal tersebut patut disyukuri, Tebe, sapaan karib pejabat tinggi KKP itu,  berpesan kepada kalangan pembudidaya agar tidak cepat merasa puas. Ia berharap masyarakat dapat memajukan usaha budidaya yang digeluti. Itu bisa dilakukan dengan melakukan studi banding ke lokasi budidaya lain yang lebih maju agar dapat membawa pulang ilmu dan diterapkan di Sulawesi Selatan khususnya di Takalar.


"Kami juga minta jajaran baik di pemerintah daerah hingga masyarakat agar memastikan semua segmen usaha dapat diaktifkan. Kalau hari ini masih menjual rumput laut kering, ke depan harus bisa ada nilai tambah dari sisi hilir seperti pengolahan," kata Dirjen  Perikanan Budidaya KKP Tb Haeru Rahayu. ***