EmitenNews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan konsolidatif. Sepanjang perdagangan hari ini, Selasa, 24 September 2024, IHSG akan menyusuri lembah dalam rentang 7.700-7.800, dan beberapa waktu ke depan.

Menilik data dan fakta itu, Phintraco Sekuritas menyodorkan sejumlah saham laik koleksi. Antara lain  Essa Industries (ESSA), Indosat (ISAT), Vale Indonesia (INCO), Pertamina Geothermal (PGEO), dan Adisarana Armada (ASSA). 

Nah, dari eksternal, pasar menantikan banyak data ekonomi penting di Amerika Serikat (AS). Di antaranya indeks harga property, dan consumer confidence. Selain itu, pasar juga mencermati pidato dua petinggi the Fed, yaitu Kashkari dan Bowman di Selasa (24/9). 

Masih dari AS dan Eropa, perlambatan aktivitas manufaktur September 2024 diredam oleh pemangkasan suku bunga agresif oleh the Fed dan ECB. Dari regional, India dikabarkan menutup peluang bergabung dalam Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Anggota RCEP saat ini terdiri dari 15 negara Asia-Pacific, dan merefleksikan 30 persen gross domestic product (GDP) dunia. Masih dari regional, desakan bagi Pemerintah Tiongkok untuk meningkatkan stimulus ekonomi makin besar dari sejumlah ekonom. (*)