EmitenNews - Pandemi covid-19 yang sudah berjalan setahun lebih memang membuat kegiatan ekonomi berjalan lamban. Apalagi pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk membatasi pergerakan orang guna mencegah penyebaran virus.


Kondisi ini membuat bisnis terkait transportasi, akomodasi dan pariwisata terdampak. Tidak terkecuali pengelola bandara. Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang misalnya, selama pandemi jumlah pengguna transportasi udara melalui bandara itu jauh menurun.


Untuk meningkatkan potensi pendapatan, PT Angkasa Pura II berinisiatif memaksimalkan potensi lahan Bandara SMB II Palembang menjadi arena destinasi wisata. Salah satunya dengan membangun arena gokart dan MTB (mountain bike) atau sepeda gunung.


Eksekutif GM PT Angkasa Pura II KC Bandara SMB II Palembang KRAT Tommy Ariesdianto, Sabtu (3/4/2021) mengatakan keberadaan bandara saat ini tidak hanya akan melayani transportasi udara. Ke depannya pihaknya akan mengembangkan pelayanan kepada masyarakat di sektor ekonomi kreatif. Terlebih potensi lahan di bandara masih dapat dimanfaatkan lagi untuk menjadi sarana hiburan masyarakat.


"Insyaallah tahun ini bisa terealisasi. Rencananya arena gokart akan berada di parkir internasional bandara dan arena MTB berada di sisi Stasiun LRT bandara seluas empat hektare," ujar Tommy seperti dikutip Antara.


Arena wisata gokart ini menarget kalangan keluarga dan komunitas. Rencana tersebut didukung dengan pengoptimalan airport plaza serta penambahan beberapa fasilitas seperti jalur sepeda.


"Adanya arena wisata ini diharapkan dapat menanggulangi dampak penurunan penumpang yang mencapai 70 persen akibat pandemi covid-19 selama setahun terakhir yang berdampak pada turunnya pendapatan Bandara SMB II Palembang," sambung Tommy.


Inovasi bandara menjadi destinasi wisata juga banyak dilakukan bandara-bandara besar di dunia. Salah satunya adalah Bandara Changi, Singapura. November tahun 2020 lalu otoritas bandara Singapura menarik pengunjung dengan dekorasi "Dinosaurus Menyerang Bandara" yang menarik untuk digunakan berpose untuk dekorasi Natal. Selain dekorasi bertema dino, pengelola bandara juga menyulap sebagian lahan parkir menjadi arena gokart.


Tommy mengatakan, selain arena wisata, pihaknya juga akan menggandeng pelaku UMKM, karena sepaket dengan pengoptimalan ekonomi kreatif, pihaknya akan menggandeng Kadin Palembang untuk membuat lokasi khusus produk-produk UMKM di Bandara SMB II Palembang.


"Konsepnya nanti Little Palembang. Jadi dari produk-produk yang dijual masyarakat dapat langsung mengetahui tentang Palembang," jelasnya.(*)