EmitenNews.com - Kontingen Indonesia siap berlaga dalam Olimpiade Paris 2024. Secara resmi Presiden Joko Widodo melepas kontingen Indonesia, dalam acara di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/7/2024) sore. Para atlet segera terbang ke Paris, Prancis, untuk mengharumkan nama bangsa dan negara, siap bertarung dalam ajang olahraga terbesar di dunia itu. 

Sejumlah pejabat turut mendampingi Presiden Jokowi. Di antaranya, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Dalam seremoni tersebut, secara simbolis, Menpora Dito Ariotedjo menyerahkan bendera Indonesia kepada salah satu perwakilan kontingen. Sang atlet kemudian mengibarkan bendera Merah Putih itu.

"Pada sore ini secara resmi saya berangkatkan tim Indonesia menuju Olympic Games ke-33 Paris tahun 2024," ujar Jokowi.

Jokowi mengingatkan bahwa lawan di olimpiade adalah yang terbaik di seluruh dunia. Karena itu, ia memahami lawan itu sangat berat dihadapi. Namun, para atlet diminta selalu optimis. "Semuanya harus optimistis. Bertandinglah dengan penuh semangat. Saudara-saudara pasti tahu apa yang diinginkan Indonesia, rakyat menginginkan bendera merah putih dikibarkan di arena olimpiade."

Presiden Jokowi berharap para atlet optimistis dan semangat dalam bertanding melawan atlet mancanegara. Ia juga berharap bendera Indonesia dikibarkan di arena Olimpiade. "Rakyat ingin bendera dikibarkan di arena Olimpiade, lagu kebangsaan dinyanyikan di arena Olimpiade."

Pada bagian lain pidatonya, Presiden menuturkan, seleksi menjadi anggota delegasi untuk bertanding di olimpiade sangat ketat. Para atlet yang diberangkatkan merupakan atlet pilihan yang telah menjalani proses seleksi secara ketat. Oleh karena itu, ia meminta para atlet yang akan bertanding untuk mempersiapkan diri.

"Persiapkan diri dengan baik, siapkan fisik, siapkan mental, siapkan diri untuk bertanding. Dan harapan kita semuanya semoga kita berhasil dan menang dan membawa pulang medali," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Sebelumnya, kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 dikukuhkan di Auditorium Kemenpora pada Rabu (10/7/2024). Sebanyak 29 atlet dari 12 cabang olahraga akan mewakili Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Hadir para atlet, pelatih, ketua federasi cabang olahraga yang berlaga di Olimpiade Paris, Menpora, Ketua Olimpiade Indonesia, serta Chef de Mission (CDM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024. 

Pengukuhan ini ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih dari Menpora ke CDM Kontingen Indonesia, dilanjutkan dengan pembacaan janji atlet. Para atlet mencium bendera Merah Putih satu per satu diiringi lagu "Bagimu Negeri". 

"Dalam pertandingan, saya percaya kemenangan menyertai orang-orang yang pantang menyerah. Kami mendukung sepenuhnya Kontingen Indonesia di Olimpiade ke-33 Paris 2024. Ini adalah langkah puncak setelah Asian dan SEA Games. Tunjukkan Indonesia adalah negara besar," ujar Menpora Dito Ariotedjo. ***