EmitenNews.com - PT Borneo Olah Sarana Sukses Tbk. (BOSS) melakukan kegiatan eksplorasi yang dikerjakan oleh anak usaha yaitu PT Pratama Bersama (PB) di bulan Maret 2022 menghabiskan dana sebesar Rp660,16 juta.

 

Widodo Nurly Direktur BOSS dalam keterangan resmi menyampaikan bahwa PT. PB melakukan berbagai kegiatan untuk mengupayakan mendapatkan tambahan sumber daya batubata di daerah Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Kemajuan kegiatan pemboran eksplorasi meliputi area yang dinyatakan prospek mengandung cadangan batubara didalam konsesi PT. PB. Adapun kemajuan kegiatan eksplorasi tersebut meliputi blok barat (100%), blok tengah (100%) dan blok selatan (15%).

 

Pemboran yang dilakukan di konsesi PT. Pratama Bersama area Blok Tengah menggunakan 2 unit Jacro 175, jumlah lubang bor yang berhasil selesai dikerjakan sebanyak 21 titik bor, termasuk didalamnya 9 titik untuk pengambilan sample batuan inti (core) dengan ketebalan batubara bervariasi antara 0,24 sampai dengan 4,70 meter. Kegiatan eksplorasi ini menghabiskan biaya sebesar Rp660,16 juta.

 

Rencana kegiatan eksplorasi selanjutnya untuk area Blok Tengah eksplorasi akan dilakukan kembali untuk mengejar potensi kemenerusan lapisan batubara yang mengakibatkan muncul nya pit shell pada saat pit optimasi.

 

Widodo menambahkan sementara itu di Blok Barat eksplorasi sudah diselesaikan di bulan November 2018 dan dari hasil tersebut untuk saat ini belum layak untuk dilanjutkan. Untuk blok Selatan belum ditemukan area potensial sehingga untuk kegiatan ekplorasi belum diperlukan untuk saat ini.