EmitenNews.com - Menteri Sekretaris Negara Pratikno memastikan Presiden Joko Widodo akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Senayan, Minggu (20/10/2024). Mensesneg menepis informasi yang menyebutkan Jokowi kemungkinan tidak menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran.

"Insyaallah datang. Jadi Pak Presiden memang sejak awal sudah mengatakan akan datang di Pelantikan. So pasti lah Pak Presiden hadir nanti di pelantikan 20 Oktober," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Menurut Pratikno, secara aturan tidak ada yang mengatur tentang kehadiran Presiden Jokowi pada pelantikan tersebut. Namun, ia menjelaskan bahwa menjadi tradisi Presiden sebelumnya hadir pada saat pelantikan Presiden terpilih.

"Jadi waktu tahun 2014 Pak Presiden SBY dan Pak Wapres Boediono hadir. Jalan dulu masuk, kemudian disusul oleh waktu itu Presiden terpilih Jokowi dan Pak Wapres terpilih Pak JK waktu itu," imbuhnya.

Pratikno menyebut, setelah acara pelantikan, akan ada ada acara pisah sambut di Istana Merdeka. Menurutnya acara tersebut juga merupakan tradisi saat pergantian pemimpin negara.

"Jadi setelah pelantikan di DPR rencananya Pak Presiden ke-7 akan lebih dulu berangkat ke Istana Merdeka. Kemudian nanti Pak Presiden Prabowo menyusul," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi membuka peluang untuk tidak mendampingi Presiden Terpilih Prabowo Subianto dalam agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024-2029 di Senayan, Jakarta, Minggu (20/4/2024) mendatang.

"Ya mungkin ndak," kata Jokowi usai meresmikan pembukaan BNI Investor Daily Summit di JCC, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2024).

Namun Jokowi tak membeberkan detail kegiatan dirinya saat agenda pelantikan berlangsung. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, hanya mengaku akan bertolak ke Surakarta, Jawa Tengah di hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming itu.

"Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo. Tidur," kata Jokowi. ***