EmitenNews.com - IHSG pada perdagangan Selasa 15 Februari 2022 ditutup menguat 1,08% pada level 6807.


Penguatan IHSG disokong oleh saham sektor industri yang membukukan kenaikan terbesar, meskipun saham sektor teknologi mengalami koreksi terbesar. Investor asing net buy Rp965,5 miliar.


Waterfront Sekuritas memperkirakan pada perdagangan hari ini, Rabu 16 Februari 2022 IHSG akan bergerak pada kisaran support 6750/6698 dan resistance 6840/6875. Saham pilihannya adalah TLKM, BBNI, BMRI, BBCA, BBTN, ASII, ADRO, ITMG, UNTR, HRUM, AALI, INDF, dan LSIP.


Semalam indeks di bursa Wall Street juga ditutup menguat. Rebound setelah selama beberapa hari mengalami koreksi. "Penguatan dipicu oleh meredanya ketegangan antara Rusia dan Ukraina setelah Rusia menarik kembali pasukannya," kata analis Waterfront Sekuritas, Ratna Lim.


Harga minyak mentah dan emas melemah seiring dengan meredanya ketegangan politik tersebut. Sedangkan yield obligasi pemerintah dengan tenor 10 tahun mengalami kenaikan pada level 2,04%.


Saham sektor penerbangan dan pelayaran mengalami kenaikan, sebaliknya saham sektor energi melemah seiring dengan turunnya harga minyak mentah. Beberapa saham sektor teknologi juga menguat.


Menambah faktor positif, kasus Covid-19 di AS turun 80% dari puncak kasus pada Januari, yang mengindikasikan akan segera dilakukan pembukaan aktivitas ekonomi kembali.


Sementara itu inflasi di tingkat produsen PPI di bulan Januari tercatat sebesar 1% mom dan 9,7% yoy, di atas estimasi yang masing-masing sebesar 0,5% mom dan 9,2% yoy.(fj)