EmitenNews.com - Ini optimisme Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat Nining Yuliastiani, optimistis daerahnya menjadi tujuan investasi terbaik di kawasan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Dengan sejumlah keunggulan yang dimilikinya, Jabar naik kelas menjadi tujuan investasi di tingkat ASEAN.

 

Dalam keterangannya kepada pers, seperti dikutip Minggu (16/4/2023), Nining Yuliastiani mengungkapkan, Jawa Barat itu lokasi yang relatif paling unggul untuk ekosistem berinvestasi, terutama dari negara luar.

 

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Barat, dalam hal sebagai destinasi investasi terbaik ialah faktor sumber daya manusia yang besar yakni penduduknya mencapai 49,4 juta jiwa.

 

"Kemudian angkatan kerjanya di tahun 2021 tercatat 24,7 juta. Ini merupakan potensi besar, yang nantinya akan jadi konsumen hasil industri," kata dia.

 

Keunggulan lainnya, ekosistem industri yang ada di Jawa Barat sudah terbentuk dengan baik, hal ini dibuktikan dengan keberadaan 36 dari 122 kawasan industri di Indonesia, berada di Jawa Barat.

 

Gubernur Jawa Barat Muhammad Ridwan Kamil pada sejumlah kesempatan kerap menargetkan Jawa Barat akan menjadi destinasi investasi terbaik di kawasan ASEAN. 

Target tersebut terkait dengan tingginya realisasi penanaman modal ke Jawa Barat dalam lima tahun terakhir, juga sejumlah keunggulan yang dimiliki provinsinya.

 

Ridwan Kamil mengatakan Jawa Barat sudah membuktikan diri sebagai juara investasi dibanding provinsi lain dalam lima tahun terakhir. Ia menyebutkan, Jawa Barat juara investasi sekarang naik kelas, kini di ASEAN. “Saya naikkan kelasnya supaya jangan di comfort zone." ***