Dalam Rencana Bisnis Jangka Menengah (MTBP) untuk tahun fiskal 2024-2026, MUFG telah meningkatkan komitmen awalnya dalam pembiayaan terkait keberlanjutan dari JPY35 triliun menjadi JPY100 triliun pada tahun 2030, setara dengan sekitar USD640 miliar.

MUFG juga terlibat aktif dalam platform global seperti Net-Zero Banking Alliance (NZBA) yang diselenggarakan oleh PBB dan Just Energy Transition Partnerships (JETPs) di Indonesia dan Vietnam.

Di Asia, kemitraan MUFG dalam proyek seperti GreenOn, platform e-produsen agri pertama di Asia, serta penerbitan whitepaper yang berpengaruh tentang strategi transisi energi di negara-negara seperti Jepang dan Indonesia, menunjukkan komitmen MUFG terhadap agenda iklim regional.

Indonesia menjadi pasar terbesar keempat MUFG di Asia Pasifik untuk pinjaman dan obligasi ESG. MUFG memainkan peran utama dalam beberapa transaksi pembiayaan berkelanjutan di Indonesia, termasuk obligasi biru pertama dan obligasi hijau pertama yang diterbitkan oleh perusahaan milik negara. MUFG juga memimpin penerbitan Sukuk senilai USD2,35 miliar untuk pemerintah Indonesia, yang sebagian adalah obligasi hijau, salah satu penerbitan sovereign terbesar dari kawasan ini dalam setahun terakhir.

Danamon, sebagai bagian dari Grup MUFG, juga memperkuat komitmennya dalam mendukung transisi energi pemerintah Indonesia melalui berbagai inisiatif dalam Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) mereka.

Inisiatif ini berfokus pada lima pilar: Tata Kelola, Kesadaran dan Peningkatan Kapasitas, Pembiayaan Berkelanjutan, Pengelolaan Tempat Kerja yang Bertanggung Jawab, dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

Portofolio Pinjaman Keuangan Berkelanjutan Danamon mengalami pertumbuhan konsisten, mencapai Rp31,3 triliun pada 2023, meningkat 24% year-on-year, dengan dominasi pada sektor energi terbarukan, pengelolaan air, dan penggunaan lahan.

Danamon juga aktif dalam berbagai inisiatif dekarbonisasi, termasuk langkah-langkah penghematan energi, instalasi panel surya, sistem pendingin udara VRF, proyek penanaman bakau, program kredit karbon, serta pengadaan stasiun pengisian EV dan penyewaan motor listrik.

Seiring Indonesia terus menavigasi jalannya menuju masa depan yang berkelanjutan, MUFG dan Danamon tetap berkomitmen untuk mendukung transisi energi dan keberlanjutan di Indonesia melalui berbagai inisiatif dan kemitraan strategis.