EmitenNews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakhiri perdagangan kemarin melemah 1,03 persen menjadi 7.563. Secara teknikal, IHSG belum mampu bertahan di atas level psikologis 7.600. Lalu, ada pelebaran negative slope pada indikator MACD mengindikasikan potensi pelemahan. 

Oleh karena itu, sepanjang perdagangan hari ini, Kamis, 3 Oktober 2024, Phintraco Sekuritas meramal IHSG berpotensi melanjutkan pelemahan. IHSG akan mengorbit level support 7.500, dan posisi resistance di kisaran 7.600. 

Sejumlah saham laik koleksi dan patut untuk dicermati antara lain Harum Energy (HRUM), Timah (TINS), Krakatau Steel (KRAS), Elnusa (ELSA), dan Medco Energi (MEDC). 

Pasar global, mengantisipasi rilis data Initial Jobless Claims pekan lalu Amerika Serikat (AS) rilis Kamis, 3 Oktober 2024 wagte setempat dengan perkiraan meningkat menjadi 220 ribu dari pekan sebelumnya di level 218 ribu. Perkiraan itu, menunjukkan sektor tenaga kerja AS sedang mengalami pelemahan.

Sementara Eropa, pasar menanti rilis data Services PMI Final German, Euro Area, dan Inggris dengan prediksi mengalami pelemahan dibanding bulan sebelumnya. Nah, dari sisi regional, pasar menanti rilis data Jibun Bank Services PMI Final September 2024 rilis hari ini dengan prediksi menguat menuju level 53.9 dari edisi Agustus 2024 di kisaran 53.7. 

Ramalan tersebut mengindikasikan sektor jasa Jepang konsisten di level ekspansif dalam tiga bulan terakhir sejak Juli 2024. Kondisi tersebut diyakini dapat mempengaruhi outlook pertumbuhan ekonomi Jepang kuartal ketiga 2024. (*)