EmitenNews.com - Para investor merapatlah. Ada insentif fiskal bagi investor yang berminat membangun proyek food estate atau lumbung pangan terintegrasi di Merauke, Papua Selatan. Proyek lumbung pangan terintegrasi dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Merauke ini, salah satu proyek strategis nasional (PSN).

 

"Kalau KEK dalam konteks ini lebih kepada insentif fiskal. Jadi, kalau ada orang yang berminat berinvestasi insentif fiskalnya sudah ikut paket KEK. Jadi nanti KEK pangan dan energi di Merauke itu," kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (10/10/2023).

 

Menariknya, ke depan proyek lumbung pangaan terintegrasi di KEK Merauke itu, juga masih menjadi proyek strategis nasional (PSN). Dalam rapat hari ini, pemerintah menetapkan proyek food estate di KEK Merauke sebagai Kawasan Ekonomi Khusus untuk produksi padi dan tebu.

 

Ke depannya, food estate Merauke akan dikelola seperti halnya Kawasan Industri Batang, Jawa Tengah; dikelola pemerintah namun dengan melibatkan swasta untuk membangun sejumlah industri di kawasan tersebut.

 

Kemungkinan besar BUMN pangan seperti PTPN Persero akan terlibat dalam pengelolaan food estate KEK Merauke itu.

 

KEK Merauke dikembangkan di atas lahan yang bisa mencapai 2 juta hektare. Namun, dalam tahap awal, pembangunan food estate di Merauke akan mencakup 200 ribu hektare. ***