EmitenNews.com - Lembaga pemeringkat efek, Pefindo menaikkan peringkat PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills (Pindo Deli) menjadi idA+ dengan prospek stabil dari sebelumnya idA/stabil. Peringkat obligasi dan sukuk Perusahaan masing-masing juga naik menjadi idA+ dan idA+(sy).


Aksi pemeringkatan ini mencerminkan perbaikan kebijakan keuangan Perusahaan sejalan dengan strategi ekspansi yang konservatif yang dapat membatasi risiko pembiayaannya. Peningkatan fleksibilitas keuangan Pindo Deli didukung oleh skema pembiayaan pemasok yang meningkatkan keleluasaan posisi arus kas Perusahaan.


Peringkat tersebut mencerminkan posisi pasar yang sangat kuat, kegiatan usaha yang terintegrasi secara vertikal, serta pendapatan dan basis pelanggan yang terdiversifikasi. Peringkat dibatasi oleh kebijakan keuangan yang moderat, paparan terhadap fluktuasi harga bahan baku dan produk, serta paparan terhadap penurunan permintaan kertas.


Peringkat dapat dinaikkan jika pertumbuhan pendapatan Pindo Deli melebihi proyeksi sejalan dengan marjin laba yang lebih kuat dan berkelanjutan, serta leverage keuangan membaik secara signifikan dan berkelanjutan. Peringkat dapat diturunkan jika profil keuangan Perusahaan terus memburuk sebagai akibat dari realisasi pendapatan atau marjin laba yang lebih rendah, atau jika Pindo Deli menambah utang lebih tinggi dari yang diantisipasi.


Peringkat juga dapat berada di bawah tekanan jika harga bubur kertas turun secara signifikan yang dapat mempengaruhi profil keuangan Perusahaan.


Sebagai anggota grup Asia Pulp and Paper (APP) yang merupakan produsen produk pulp dan kertas terkemuka di pasar global, Pindo Deli memegang peran penting dalam produksi bubur kertas, kertas, dan tisu di Indonesia. Fasilitas produksi Perusahaan berlokasi di Jambi, Karawang (Jawa Barat), dan Perawang (Riau).


Per 30 Juni 2024, 99,24% saham Perusahaan dimiliki oleh PT APP Purinusa Ekapersada, yang merupakan bagian dari grup APP.(*)