EmitenNews.com - Ini harapan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) atas  penggunaan Biodiesel 35 (B35) yang dicanangkan pemerintah. Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi berharap implementasi penggunaan Biodiesel 35 sejalan dengan ketentuan Euro 4 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

 

"Mulai 2022, sesuai ketentuan KLHK, kendaraan yang diproduksi di Indonesia harus sudah memenuhi standarisasi Euro 4 termasuk dari sisi bahan bakar dan emisi buangnya," kata Yohannes Nangoi dalam Talkshow "Implementasi B35" di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

 

Pengembangan produksi B35 ke depan yang saat ini belum memenuhi standar Euro 4 tersebut, apalagi ia memperkirakan rata-rata setiap tahun 230 ribu sampai 300 ribu kendaraan berbahan bakar diesel atau solar terjual di Indonesia.

 

"Maka dalam 5 sampai 6 tahun, sebanyak sekitar 3 juta kendaraan berbahan bakar solar, yang seharusnya diganti dengan B35, akan perlu menerapkan standar Euro 4," katanya.

 

Saat ini, rata-rata setiap tahun 23 persen dari 1,05 juta kendaraan yang terjual di Indonesia berbahan bakar solar dimana unit yang telah beroperasi di lapangan mencapai 5 juta kendaraan. ***