EmitenNews.com -  Tetaplah menegakkan aturan pandemi Covid-19, terutama soal bermasker di ruang publik, meski pemerintah telah mencabut Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menekankan agar masyarakat sebaiknya tetap memakai masker jika berada di dalam kerumunan, ruangan tertutup, dan sempit.

 

"Tetapi sekali lagi ini kita kembalikan ke masyarakat. Kalau masyarakat merasa dia sehat, di udara terbuka kayak gini nggak perlu, ya nggak usah. Karena memang strategi dari pandemi ke endemi itu intervensi dari pemerintah dikurangi, tapi ada partisipasi masyarakat ditingkatkan," tegas Menkes Budi kepada wartawan, Senin (2/1/2023).

 

Saat ini kesadaran masyarakat sangat diperlukan. Sebab, pada akhirnya COVID-19 akan menjadi flu biasa, jika merasa sakit bisa berobat dengan kesadaran sendiri. Meski begitu, transisi ini perlu dilatih dan dipantau perlahan-lahan. Selain itu, kesadaran masyarakat juga sangat diperlukan.

 

"Nah kita lihat level itu mesti kita latih pelan-pelan bagaimana menuju ke endemi. Jadi pakai masker kalau saya melihat kayak gini saya nggak pakai (ruang terbuka). Tapi kalau tadi saat rapat terbatas dan ada bapak Presiden, kita pakai," kata Menteri Budi Gunadi Sadikin. ***