EmitenNews.com - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4, akan berakhir hari ini, Senin (4/10/2021). Presiden Joko Widodo bakal menggelar rapat, untuk menentukan PPKM diperpanjang kembali untuk ke-11 kalinya, atau tidak. Menilik adanya kekhawatiran gelombang ke-3 pandemi Covid-19, kemungkinan besar kebijakan ini diperpanjang lagi. Apalagi, sebelumnya disebutkan PPKM akan diteruskan sampai virus Corona benar-benar sirna.


Seperti diketahui, pemerintah melalui Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali menyebut jika kasus Covid-19 masih bertambah, maka PPKM akan terus diperpanjang. PPKM adalah kebijakan pemerintah untuk mengendalikan kasus Covid-19. PPKM akan terus diperpanjang agar Indonesia tidak kembali menghadapi lonjakan kasus Covid-19 seperti pada Juli-Agustus 2021.


Terakhir kali, kebijakan PPKM diperpanjang untuk periode 20 September-4 Oktober 2021. Pemerintah memutuskan bahwa PPKM diperpanjang hingga 4 Oktober 2021, baik untuk wilayah Jawa-Bali maupun di luar Jawa-Bali. Keputusan ini berdasarkan rapat terbatas yang digelar Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi PPKM secara virtual pada Senin (19/9/2021).


Terdapat sejumlah catatan yang dituangkan sebagai hasil Ratas evaluasi PPKM tersebut. Meskipun situasi pandemi di Indonesia terus membaik, pemerintah tetap menggencarkan upaya 3T (testing, tracing, dan treatment) sebagai bagian dari strategi jangka panjang dalam menghadapi Covid-19.


“Sekarang yang dites itu rata-rata 170 ribu orang per hari. Saya ulangi 170 ribu-an per hari. Jadi angka itu cukup oke walaupun kami targetkan sebenarnya masih lebih dari itu,” ujar Menko Luhut Binsar Pandjaitan.


Luhut menyebutkan, walaupun jumlah pengetesan terus meningkat, tingkat positivity rate tetap rendah, yaitu di bawah dua persen. “Positivity rate sudah di bawah dua persen, malah sudah satu persen, ini dalam tujuh hari. Jadi kami hitung per tujuh hari, itu angkanya juga membaik.”


Upaya tracing, ujar Luhut, juga terus meningkat. Saat ini, hanya 26 persen kabupaten/kota di Jawa-Bali dengan tingkat tracing terbatas. “Minggu lalu 36 persen, jadi 10 persen membaik, dengan tingkat tracing terbatas atau di bawah lima [orang] kontak erat per konfirmasi.”


Jadi, apakah PPKM diperpanjang kembali untuk ke-11 kalinya, baiklah kita tunggu pengumuman pemerintah, setelah menggelar rapat terbatas, Senin sore-malam ini. Yang harus dijaga, tetaplah tegakkan protokol kesehatan. Jangan lupa terapkan 3M: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. ***