EmitenNews.com - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali, 5-18 Oktober 2021. Meski sudah disertai pelonggaran-pelonggaran, kawasan aglomerasi Jabodetabek masih berada di PPKM Level 3. Pasalnya, sejumlah daerah belum memenuhi target vaksinasi Covid-19. Pemerintah akan membentuk gugus tugas agar makin banyak warga yang bisa menjalani vaksinasi Covid-19.


"Aglomerasi Jabodetabek Level 3, belum turun ada di Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang dan Bekasi, masih kekurangan vaksinasi," kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin (4/10/2021).


Dalam jumpa pers tersebut, Koordinator PPKM Jawa-Bali itu, didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, yang juga Koordinator PPKM di luar Pulau Jawa dan Bali. Juga ada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.


Menurut Menko LBP, pemerintah akan membentuk gugus tugas untuk meningkatkan vaksinasi. Selain itu, 2 juta vaksin bakal dikirimkan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi di masyarakat. "Kami akan melakukan task force untuk ini. Jadi, ada 2 juta vaksin yang akan kita suntikkan dalam waktu minggu-minggu ke depan. Setelah ini akan kita matangkan mengenai pelaksanaannya."


Luhut menjelaskan situasi Pandemi Covid-19 saat ini, yang terus menunjukkan perbaikan selama dua minggu ke belakang. Kasus konfirmasi nasional turun 98 persen dan kasus konfirmasi Jawa Bali juga menunjukkan penurunan hingga 98,7 persen dari puncaknya pada 15 Juli 2021.


Syarat minimum cakupan vaksinasi Covid-19 lansia untuk penurunan level PPKM yang diberlakukan sejak 13 September 2021 mampu meningkatkan kecepatan vaksinasi di Jawa Bali secara signifikan. Saat ini tingkat vaksinasi dosis 1 untuk Jawa Bali sudah mencapai 37 persen per 30 September 2021.


Menurut Luhut, dalam penerapan PPKM dua minggu ke depan itu, terdapat 20 Kabupaten/Kota yang bertahan di level 2. Level 3 dari 84 Kabupaten/Kota bertambah menjadi 107 Kabupaten/Kota. Ia memastikan, masih ada daerah yang belum mencapai target yang telah ditentukan.


Pemerintah juga akan melakukan uji coba pemberlakuan PPKM Level 1 (New Normal) untuk Kota Blitar, Jawa Timur. Implementasi uji coba PPKM Level 1 ini diberlakukan karena telah memenuhi syarat indikator WHO dan  target cakupan vaksinasi dosis 1 sebesar 70 persen dan dosis 1 lansia sebesar 60 persen. ***