EmitenNews.com - PT Provident Investasi Bersama Tbk. (PALM) telah melakukan transaksi material berupa penyertaan saham dengan penambahan modal pada anak usahanya, PT Suwarna Arta Mandiri (SAM). 

Dalam keterangan tertulis yang dirilis pada Jumat (9/8), manajemen PALM menjelaskan bahwa perseroan meningkatkan modal pada SAM sebesar Rp624,11 miliar. Penambahan modal ini terbagi menjadi 624.111 saham dengan nilai nominal masing-masing Rp1 juta.

Nilai transaksi ini mencapai 25,37% dari total ekuitas perseroan per 31 Desember 2023, sehingga termasuk transaksi material sesuai dengan peraturan OJK dalam POJK 17/2020.

Manajemen PALM menyatakan bahwa transaksi ini dilakukan sebagai bagian dari strategi perseroan dan entitas anak dalam mengembangkan portofolio investasi. Fokus investasi mencakup sektor sumber daya alam, teknologi, media dan telekomunikasi, serta logistik, atau efek bersifat ekuitas lainnya.

Transaksi ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan pendanaan SAM, dengan harapan bahwa peningkatan modal tersebut akan mendukung pengembangan portofolio investasi dan kinerja keuangan perseroan, yang pada akhirnya akan memberikan nilai tambah bagi PALM sebagai pemegang saham SAM di masa mendatang.

Sebagai informasi, SAM adalah anak usaha PALM dengan kepemilikan langsung sebesar 99,99%. Oleh karena itu, transaksi ini merupakan transaksi afiliasi namun bukan merupakan transaksi benturan kepentingan sesuai dengan regulasi OJK dalam POJK 42/2020.

Dengan adanya transaksi ini, kepemilikan langsung PALM pada SAM meningkat dari sebelumnya 2.991.167 saham menjadi 3.615.278 saham, mencerminkan peningkatan sebesar 20,87%.

Manajemen PALM menegaskan bahwa transaksi ini tidak akan mengganggu kelangsungan usaha perseroan, dan mereka optimis bahwa langkah ini akan memperkuat posisi keuangan dan investasi perusahaan di masa depan.