EmitenNews.com - Indeks saham Jepang, Tiongkok, Hongkong hingga Korea Selatan ditutup turun signifikan. Indeks Nikkei (-2.04%), TOPIX (-2.18%), HangSeng (-2.03%), CSI300 (-1.61%) dan KOSPI (-0.28%) turun setelah turunnya optimisme pemulihan dari pandemi yang membebani pergerakan ekuitas di seluruh dunia. Ekuitas Hong Kong jatuh mendekati koreksi di tengah keputusan kota untuk menghentikan sementara vaksin BioNTech SE.


IHSG (-1.54%) ditutup turun 96.57 poin ke level 6156.14 dengan saham-saham disektor pertambangan (-3.16%) dan Pertanian (-2.36%) yang alami pelemahan terdalam. IHSG melemah mengiringi penurunan mayoritas indeks saham Asia-Pasifik yang terdalam selama dua minggu terakhir, ujar Lanjar Nafi Equity Technical Analyst Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia, Kamis (25/3/2021).


Momentum opimisme investor akan pemulihan ekonomi global yang lebih cepat seakan terhalang beberapa negara yang melakukan rencana penutupan area atau lockdown sebagai upaya menahan laju pertumbuhan kasus penularan yang tinggi saat ini di Eropa.


Bursa Eropa membuka perdagangan dizona merah. Indeks Eurostoxx (-0.08%), FTSE (-0.15%), DAX (-0.51%) dan CAC40 (-0.35%) bergerak turun setelah pergerakan yang cukup suram pada ekuitas Asia-pasifik. Jerman, Prancis, dan Italia telah memperluas pembatasan terkait virus dan infeksi melonjak di tempat lain. Selanjutnya investor akan menanti hasil lelang utang lima dan tuju tahun dan data Persediaan minyak di AS. Investor juga masih akan terfokus pada volatilitas harga komoditas tambang yang mengkhawatirkan hingga perkembangan pembatasan baru di Eropa yang diduga mengganggu penyerapan komoditas dari perdagangan ekspor.

  

Secara teknikal IHSG break out support MA50 dan bullish trend line sehingga memberikan signal yang cukup psimis. IHSG keluar dari trend positif jangka menengah dan berbalik menegaskan pembentukan bearish trendline. Momentum indikator RSI dan pergerakan Stochastic berbalik melemah menuju oversold. 


Sehingga IHSG diperkirakan masih akan bergerak tertekan dengan percobaan rebound jangka pendek dengan support resistance 6111-6216. Saham-saham yang masih dapat dicermati secara teknikal diantaranya; ASSA, CTRA, ERAA, MEDC, SMRA, dan TOWR, tutup Lanjar.