EmitenNews.com - Puan Maharani kembali terpilih menjadi ketua DPR RI. Politikus PDI Perjuangan itu, ditetapkan sebagai ketua DPR periode 2024-2029. Putri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri itu, didampingi empat wakil ketua, Sufmi Dasco Ahmad, Adies Kadir, Cucun Ahmad Syamsurijal, dan Saan Mustopa. Puan, yang juga Ketua DPR periode 2019-2024, kembali menjadi Ketua DPR untuk 5 tahun ke depan. 

Penetapan pimpinan DPR ini berlangsung dalam Rapat Paripurna ke-2 Masa Sidang 2024-2025, di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Dalam rapat  penetapan pimpinan, yang dipimpin oleh Ketua DPR Sementara Guntur Sasono itu, hadir sebanyak 391 anggota DPR.

Guntur Saroso menyatakan, pimpinan DPR 2024-2029 adalah, satu, Puan Maharani dari fraksi PDIP sebagai Ketua DPR. Lalu, Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra, yang merupakan Wakil Ketua DPR periode sebelumnya, kembali terpilih sebagai Wakil Ketua DPR. 

Kemudian, Adies Kadir menjadi Wakil Ketua DPR dari Golkar, Cucun Ahmad Syamsurijal Wakil Ketua DPR dari PKB, dan Saan Mustopa Wakil Ketua DPR dari NasDem. 

"Apakah dapat disetujui ketua dan wakil ketua ini? Saya minta pendapatnya," tanya Guntur. "Setuju," seru anggota dewan. 

Jika dicermati, terdapat sedikit perubahan dalam formasi pimpinan DPR periode 2024-2029. 

Sesuai UU MD3, PDIP sebagai pemenang pemilu berhak atas kursi ketua DPR

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Said Abdullah menekankan bahwa posisi ketua DPR akan tetap diduduki oleh PDIP sesuai dengan Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3).

Said Abdullah juga membocorkan nama-nama pimpinan DPR RI periode 2024-2029. Ia menyebutkan, posisi ketua DPR akan kembali diduduki oleh Puan Maharani dari PDIP, sebagai fraksi dengan perolehan kursi terbanyak di DPR. 

“Kalau pimpinan DPR RI insyaallah yang pertama ketuanya Mba Puan Maharani,” ujar Said jelang acara pelantikan anggota DPR, Selasa (1/10/2024). 

Kepada wartawan, Said menyebutkan, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad juga akan kembali menduduki posisi wakil ketua DPR. Posisi wakil ketua DPR dari Partai Kebangkitan Bangsa akan diisi oleh Faisol Riza yang menjabat sebagai ketua Komisi VI DPR pada periode lalu. 

“Kalau dari Nasdem, kalau tidak keliru pendengaran saya itu seharusnya Pak Saan Mustopa. Kemudian dari Golkar teman saya dari Jawa Timur, Adies Kadir itu yang saya dengar,” kata Said Abdullah. 

Data yang ada menunjukkan, Saan sebelumnya menjabat sebagai wakil ketua Komisi II DPR, sedangkan Adies adalah wakil ketua Komisi III DPR. 

Seperti diketahui, anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI masa jabatan 2024-2029 resmi dilantik. Mereka, terdiri atas anggota DPR, dan DPD, dilantik dalam Sidang Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota MPR/DPR/DPD RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa, setelah pelantikan anggota DPR dan DPD RI.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 115/P/2024 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPR/DPD/MPR Masa Jabatan Tahun 2024-2029 tertanggal 30 September 2024. Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin pun memimpin sumpah/janji pelantikan.

"Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada saat Pengucapan Sumpah/Janji Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Majelis Permusyawaratan Rakyat Masa Jabatan Tahun 2024-2029," kata Plt. Sekjen MPR RI Siti Fauziah.

Anggota MPR itu terdiri atas seluruh anggota DPR dan DPD RI dengan jumlah 732 orang. Anggota DPR RI yang telah dilantik berjumlah 580 orang, sedangkan anggota DPD RI yang telah dilantik sebanyak 152 orang.