Mematuhi standar SNI menawarkan banyak manfaat bagi produsen, termasuk peningkatan kualitas produk, peningkatan kepercayaan konsumen, pengurangan risiko penarikan produk, dan peningkatan daya saing di pasar lokal maupun internasional. 

"Kepatuhan juga memfasilitasi persetujuan regulasi yang lebih lancar, berkontribusi pada lanskap industri yang lebih kuat," tambah Drs. Kukuh S. Achmad, M.Sc.

Masa Depan Sertifikasi SNI

Dengan potensi wajibnya sertifikasi SNI di masa depan, manfaatnya bagi industri Indonesia sangat signifikan. 

"Meskipun penyesuaian awal dan investasi mungkin diperlukan untuk mematuhi, manfaat jangka panjang dari akses pasar yang lebih luas, kepercayaan konsumen, dan efisiensi operasional sangat berharga," jelas Drs. Kukuh S. Achmad, M.Sc.

Bekerja dengan GC

Perjalanan mencapai sertifikasi SNI telah menjadi pengalaman kolaboratif dan memperkaya. 

"Bekerja dengan GC adalah pengalaman yang berharga, ditandai dengan pertumbuhan profesional, budaya kolaboratif, dan keterlibatan dalam proyek inovatif dan berkelanjutan," kata Ir. Gatot Dwigustono sebagai bagian dari anggota tim audit. 

"Fokus GC pada tata kelola perusahaan yang tinggi, etika, keselamatan, dan tanggung jawab komunitas telah menjadi teladan, dan kami menantikan kemitraan kami untuk audit berikutnya di Thailand."

PTT Global Chemical Public Company Limited, atau GC, berkomitmen menjadi perusahaan kimia global terkemuka yang meningkatkan kualitas hidup manusia melalui plastik dan bahan kimia inovatif sesuai dengan visi kami, "Chemistry for Better Living". 

Perseroan mengoperasikan bisnis yang mengutamakan keseimbangan lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG) bersama efisiensi ekonomi, dengan tujuan memaksimalkan penggunaan sumber daya dalam konsep Ekonomi Circular. GC fokus pada inovasi produk dan solusi yang mengatasi megatrend sambil memenuhi harapan semua pemangku kepentingan.

GC adalah satu-satunya perusahaan di dunia yang peringkatnya nomor 1 di Sektor Kimia oleh Dow Jones Sustainability Indices (DJSI) selama lima tahun berturut-turut (2019-2023) menurut S&P Global. Selain itu, perseroan dinilai pada tingkat kepemimpinan (A List) dalam manajemen air dan manajemen lingkungan dalam perubahan iklim oleh CDP.

GC sedang menuju untuk menjadi organisasi berkarbon rendah sambil memastikan pertumbuhan bisnis berkelanjutan dengan menetapkan strategi dan rencana yang jelas, dengan tujuan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 20 persen pada tahun 2030 dalam perjalanan kami menuju pencapaian Net Zero pada tahun 2050. ***