EmitenNews.com—PT Astra International Tbk (ASII) melanjutkan aksi pembelian saham rumah sakit dengan memborong sebanyak 140.297.400 lembar saham atau 0,95 persen porsi kepemilikan pada PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL).


Mengutip keterangan resmi emiten induk usaha multi sektor yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (22/9/2022) bahwa setelah transaksi itu, ASII memegang sebanyak 1.110.823.200 lembar saham atau 7,45 persen dari porsi sebelumnya sebanyak 6,5 persen HEAL.


“Tujuan transaksi untuk investasi,” tulis Sekretaris Perusahaan ASII, Gita Tiffany Boer.


Transaksi pembelian saham HEAL oleh ASII terjadi pada 16 September 2022 dengan harga rata-rata Rp1.375 per saham. Sehingga jika dikalkulasi Astra merogoh dana investasi senilai Rp192.908.925.000 (Rp192,90 miliar)


Sementara itu, Direktur ASII, Gideon Hasan mengatakan, perseroan tidak menutup kemungkinan memperbesar porsi kepemilikan saham di Medikaloka Hermina (HEAL).


"Kemungkinan itu selalu terbuka. Tergantung dengan situasi dan peluang yang tersaji di lapangan. ASII secara berkala melakukan tinjauan strategis. Kalau Astra bisa memberi nilai tambah, dan sebaliknya pengelola RS Hermina itu, juga memberi nilai tambah, Astra tentu akan berusaha untuk menambah porsi kepemilikan. Peluang itu selalu terbuka,” papar Hasan dalam konferensi pers secara daring.  


Ia melanjutkan, HEAL akan menambah ekosistem jasa Layanan kesehatan Astra Group, seperti Halodoc.  


”Itu inisiatif baru Astra Group dalam investasi pada lini bisnis baru.” ujar dia.