EmitenNews.com - Presiden Prabowo Subianto Senin (21/10/2024) pagi melantik sebanyak 53 orang yang mengisi kebinetnya yang dinamakan Kabinet Merah Putih (KMP). Mereka terdiri dari 48 menteri dan lima kepala lembaga negara.


Acara pelantikan yang digelar di Istana negara berlangsung khidmat dan dihadiri sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara, khususnya MPR. Para menteri tampak didampingi pasangan atau anggota keluarganya.


Pelantikan menteri dimulai tepat pukul 10 WIB, dengan diawali dengan mengumandangkan Lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, para menteri mengucap sumpah mengikuti Presiden Prabowo.


"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Neagra Republik Indonesia Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya," ujar para menteri.


Setelah mengucap, mereka semua menandatangani berita acara pelantikan di hadapan Presiden secara bergantian. Begitu pula dengan Presiden Prabowo. Acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat, diawali oleh Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Rakabuming Raka.


Adapun untuk pelantikan para wakil menteri akan dilaksanakan pada sore hari pukul 15.00 WIB. Prosesi pelantikan kurang akan hampir sama dengan pelantikan para menteri.(*)