EmitenNews.com - Masjid Istiqlal Jakarta tidak membuka sistem antre untuk menyalurkan daging kurban kepada masyarakat. Panitia kurban Masjid Istiqlal yang proaktif untuk melakukan pembagian daging kurban kepada warga yang benar-benar membutuhkan. Mereka jemput bola, dengan mendistribusikannya langsung kepada warga yang berhak.

"Saya perlu jelaskan tidak ada pengantrean di sini (Masjid Istiqlal). Istiqlal yang proaktif membagikan kepada mereka-mereka yang benar-benar dinilai berdasarkan penelitian yang sangat intensif, siapa sesungguhnya yang paling berhak untuk menerima hewan kurban itu dan berapa porsinya," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, dalam keterangan pers di Masjid Istiqlal pada Senin (17/6/2024). 

Pihak yang menerima daging kurban dari Masjid Istiqlal itu, ada yang berupa per orangan, orang per orangan jamaah aktif dan juga punya kontribusi aktif di Istiqlal. Ada juga binaan-binaan Istiqlal, seperti panti asuhan binaan Istiqlal.

Untuk pendistribusian hewan kurban, ada sejumlah metode yang digunakan panitia. Yakni, daging kurban yang sudah dipotong dan ditimbang diantarkan ke lembaga-lembaga tertentu seperti panti asuhan. 

Metode lainnya, hewan kurban yang belum dipotong diserahkan ke asrama dan pesantren serta lokasi lain yang membutuhkan. 

Pada Idul Adha 1445 Hijriyah atau tahun ini, Masjid Istiqlal menerima 50 sapi kurban dan 12 kambing kurban. Sapi dan kambing itu berasal dari para pejabat negara, pengusaha, masyarakat hingga kalangan warga nonmuslim. 

Antara lain sapi dari Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, mantan Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertahanan yang juga presiden terpilih hasil Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan wapres terpilih hasil Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka.

"Yang menarik, justru kawan-kawan yang juga memberikan sedekahnya dari nonmuslim. Ada yang memberikan hadiah juga untuk menambah distribusi daging kurban kita. Ada 22 ekor dari sahabat kita dari nonmuslim. Ada dari Katedral sapinya besar, kemudian juga dari Hotel Borobudur itu menyumbang 20 ekor sapi besar-besar. Selain itu, ada pula hewan kurban yang diberikan oleh komunitas Tionghoa," jelas Nasaruddin.

Untuk penyembelihan hewan kurban, rencananya akan dilakukan pada Selasa (18/6/2024) pagi. Saat ini, panitia kurban Masjid Istiqlal masih menunggu sekiranya ada masyarakat yang ingin menyerahkan hewan kurban pada Senin. ***