EmitenNews.com -Kevin Hendrawan, content creator yang aktif di platform YouTube, berkesempatan untuk mewawancarai Sandiaga Uno pada 4 September 2020. Dengan label pengusaha sukses, Sandiaga menceritakan kisahnya dari awal merintis hingga melepas 18 jabatan Direktur Utama dan Komisaris di anak perusahaan rintisannya untuk mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah DKI Jakarta periode 2017 – 2022.

 

Awal mula masuk dunia usaha

Sandiaga Uno memulai usaha karena di PHK pada tahun 1997 saat krisis ekonomi, di usia 28 tahun. Saat itu dirinya memutuskan untuk membuka usaha sebagai konsultan keuangan. “Sesuatu yang saya anggap musibah waktu itu berujung satu hikmah dan akhirnya berakhir berkah. Saya memulai usaha di bidang passion saya, yaitu keuangan sebagai konsultan keuangan,”kata  Sandi mengawali ceritanya.


Usaha Sandiaga awalnya berbentuk UMKM dengan tiga karyawan.UMKM rintisannya mengalami jatuh bangun dan pada satu titik bertransformasi menjadi perusahaan investasi. “Dari awal usaha, ada jatuh bangun sampai akhirnya bertransformasi menjadi perusahaan investasi.Karena saya punya pengalaman mengelola investasi, buat saya seperti kembali ke habibat awal,” tutur Sandi.


Tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengelola investasi dengan hati-hati. Walau krisis kembali datang, itu yang membuat perusahaan Sandiaga menjadi lebih kuat. “Saya selalu menerapkan satu strategi mengelola investasi dengan penuh kehati-hatian, namun beberapa kali terterpa krisis.Namun krisis tersebut membuat kami menjadi kuat,” terangnya.

 

Tidak bisa kaya tanpa investasi

“Tidak bisa. Kalau dilihat dari net worth atau kekayaan saya, hampir 90% ada di surat berharga. Dari 90% surat berhargayang saya miliki, 75 – 80% adalah saham yang saya kembangkan sendiri,” jawab Sandi ketika ditanya apakah mampu memiliki kekayaan saat ini tanpa berinvestasi.


Sandiaga membuka informasi bahwa dirinya dan tim telah melakukan studi untuk melihat tren investasi dan menemukan sumber daya alam di Indonesia menjadi tren yang baik. “Trennya investasi di sumber daya alam di Indonesia.Dengan pengelolaan baik membawa peningkatan net worth”pungkasnya.


Selanjutnya, Sandiaga Uno menceritakan ilustrasi ketika dirinya dan dua rekannya mendapatkan untung dalam jumlah fantastis pada salah satu investasi. “Jadi ilustrasinya, saya dan dua rekan, kami bertiga untung cukup besar dari satu investasi.Kalau sekarang, berada di level fantastis.Satu investasi itu sama dengan ¼ net worth saya yang sudah saya laporkan ke LHKPN,” ujar pria yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Ketika mendapatkan keuntungan besar, mereka langsung berangkat ke bandara untuk mengejar penerbangan, namun tidak berhasil. Akhirnya mereka memilih untuk tetap di bandara sembari menunggu penerbangan selanjutnya. “Setelah itu kami memutuskan untuk langsung ke airport untuk kejar flight, namun sesampainya di airport, kami miss flight. Waktu itu kami ada dua pilihan, mau balik ke kota atau tinggal di lounge? Kita hitung satu jam balik ke kota, check in segala macem, bayar 200 – 300 dollar, cuma tidur tiga jam, mending di lounge aja,” kata pria 51 tahun sambil tertawa.


Sandiaga Uno menjelaskan kebahagiaan yang diterimanya dengan tidak membayar uang penginapan hotel sama dengan menerima keuntungan dari investasi dalam jumlah fantastis. Orang sukses mau pemasukan optimal, namun pengeluarannya ditekan.Itu efisiensi.Jadi mau untung sebesar apapun, kebahagiaan yang didapat itu sama dengan tidak membayar penginapan hotel. Double winningnya dapet,” jelas Sandi.

 

Masukan agar memiliki 5 triliun di usia 50 tahun

Sandiaga Uno memberikan masukan untuk anak-anak muda Indonesia agar dapat memiliki kekayaan 5 triliun rupiah seperti dirinya di usia 50 tahun. Sandiaga meminta anak-anak muda Indonesia seperti Kevin Hendrawan harus memiliki tujuan dan pencapaian ketika memasuki golden age. “Di usia 28 tahun, kita sedang masuk dalam fase golden age dan semangat kita lagi tinggi-tingginya.Dalam 12 tahun kedepan, kita mesti punya capaian-capaian.Tinggal bagaimana kita berdampak dan bermanfaat bagi sekeliling kita,” ungkap Sandi.


Sandiaga juga menitipkan pesan kepada Kevin agar dapat menjadi kebanggaan Indonesia dalam 12 tahun kedepan. “Untuk Kevin, 12 tahun kedepan harus menjadi salah satu kebanggaan Indonesia,” tutupnya.