EmitenNews.com -Penghargaan Top GRC (Governance, Risk, and Compliance) Awards 2024 diberikan ke perusahaan ternama dari sejumlah sektor industri, Rabu (11/9/2024), di Hotel Raffles Jakarta. Ajang ini digelar TopBusiness yang diikuti ratusan hadirin dari berbagai kalangan.

Ada beberapa perusahaan terbaik yang menerima penghargaan prestis tersebut. Di antaranya ada PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT Pos Indonesia (Persero) Tbk, PT Bumi Resources Tbk, PT Jasa Raharja (Persero), PT Lintasarta, PT Kaltim Melati Bhakti Satya, PT Sarana Multi Infrastruktur.

Ada juga PT Haleyora Power, PT Pupuk Kujang, PT Geo Dipa Energi, PT Perta Life Insurance, Aviasi Pariwisata (Persero) In Journey Holding, PT Pelayaran Bahtera Adhiguna, PT Indo Tambangraya Megah Tbk, PT Asuransi Sinar Mas, PT Bukit Asam tbk, dan masih banyak lagi perusahaan terkemuka lainnya, baik perusahaan terbuka maupun bukan.

Ketua Penyelenggara TOP GRC Awards 2024, M. Lutfi Handayani mengatakan, tema yang diangkat untuk tahun 2024 ini adalah sebagai berikut: Leadership for Sustainable Impact: GRC, ESG, and SD’s.

“Artinya, melalui Top GRC Awards 2024 ini, kami ingin terus mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan peserta agar terus tumbuh berkelanjutan, melalui pendekatan GRC, ESG (environment, social, and governance), dan SDGs (sustainable development goals),” kata Lutfi, seperti dikutip Jumat (13/9/2024).

Agar bisnis tumbuh berkelanjutan, maka implementasi GRC juga harus berkelanjutan. Hal ini memerlukan Leader yang memiliki komitmen dan kesungguhan dalam menjalankan GRC di perusahaannya.

Untuk ajang tersebut, Majalah TopBusiness berkolaborasi dengan Asosiasi GRC Indonesia, Irmapa (Indonesia Risk Management Professional Association), dan Icopi (Institute Compliance Professional Indonesia). Didukung juga oleh beberapa perusahaan konsultan GCG dan manajemen risiko, manajemen kepatuhan, serta staf pengajar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Bandung.

Lutfi yang juga Pemimpin Redaksi Majalah TopBusiness tersebut mengatakan, Top GRC Awards adalah kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan GRC yang terbesar di Indonesia, yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai berkinerja baik, dan telah menerapkan GRC secara efektif dan berkualitas dalam pengelolaan bisnis. 

“Top GRC Awards, merupakan kegiatan penghargaan GRC yang terbesar, paling banyak pesertanya, dan paling membanggakan di Indonesia,” Lutfi menegaskan.

Berbeda dengan kegiatan penghargaan GRC lainnya. Salah satu keunggulan Top GRC Awards adalah bahwa hampir semua Dewan Juri telah mendapatkan Sertifikat Kompetensi GRC Oversight Professional dari Lembaga Sertifikasi Profesi Governansi, Risiko, dan Kepatuhan (LSP GRK). Ini menunjukkan kredibilitas kegiatan TOP GRC Awards 2024.

Adapun jumlah peserta TOP GRC Awards 2024 ini mencapai 112 perusahaan atau meningkat 14% dibandingkan tahun 2023 lalu. Dan menariknya, pada saat sesi wawancara dengan Dewan Juri, sangat banyak perusahaan yang mengikutsertakan Dewan Komisaris untuk hadir, selain Direksi dan Tim GRC. “Ini menunjukkan tingginya perhatian dan komitmen Top Level Management dalam keberhasilan GRC di perusahaannya,” kata Lutfi.

Pembicara kunci dalam acara puncak Top GRC Awards 2024, Sekretaris Jenderal Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Prof. Sidharta Utama, menyampaikan sejumlah hal. Ia, antara lain, mengatakan bahwa di masa yang akan mendatang, perusahaan tidak bisa hanya berfokus ke aspek keuangan. Tetapi, juga harus fokus ke aspek lingkungan dan sosial.

“Nantinya, yang akan dihargai oleh publik adalah perusahaan yang juga fokus ke lingkungan dan sosial,” kata Sidharta.

Perusahaan yang seperti itu, kata Sidharta, punya peluang lebih besar untuk survive di masa yang akan datang. “Jadi, aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, perlu dibangun secara bersama oleh perusahaan-perusahaan, untuk jangka panjang,” Sidharta menegaskan.

Ketua Dewan Juri Top GRC Awards 2024, Dr. Antonius Alijoyo mengatakan, Top GRC Awards 2024 memiliki arti dan manfaat yang penting, yakni untuk mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia, agar kinerja bisnisnya dapat terus tumbuh secara berkelanjutan, dengan didasari pada penerapan prinsip-prinsip Good Governance, Risk Management, dan Compliance Management, yang efektif dan terintegrasi.

“Dengan semakin efektifnya implementasi GRC ini, kinerja bisnis perusahaan-perusahaan di Indonesia, akan tetap aman dan tumbuh dengan baik, sehingga kepercayaan masyarakat dan investor, baik dari dalam dan luar negeri, akan tetap terjaga dan bahkan makin meningkat,” Antonius mengatakan.

Pada Top GRC Awards 2024 ini juga ada 5 perusahaan yang meraih penghargaan Golden Trophy, atau peraih Bintang 5 tiga kali berturut-turut.