EmitenNews.com – PT Graha Mitra Asia Tbk atau yang dikenal dengan nama RelifeAsia, emiten developer perumahan yang tercatat di BEI dengan kode saham RELF ini berhasil mencatatkan peningkatan kinerja yang signifikan di kuartal kedua 2023. Berdasarkan laporan keuangan konsolidasian untuk periode yang berakhir pada 30 Juni 2023, RELF membukukan laba bersih sebesar Rp 4,54 miliar, naik signifikan lebih dari 300% dari periode yang sama di tahun 2022 yang hanya sebesar Rp 1,015 miliar.


Kenaikan laba bersih Q2 Tahun 2023 RELF ini membuktikan sektor property pada segmen menengah terus bergeliat dan tumbuh. Penjualan unit rumah juga mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Perseroan tercatat berhasil membukukan pendapatan usaha sebesar Rp17,32 miliar, naik 182% dari pendapatan kuartal kedua periode 2022 sebesar Rp11,17 miliar.


Berdasarkan laporan keuangan Perseroan, penjualan rumah berkontribusi sebagai penyumbang pendapatan usaha Perseroan. Di tahun sebelumnya selain dari penjualan rumah, Perseroan juga mencatatkan pendapatan yang berasal dari jasa agen penjualan dan jasa konstruksi. RELF dapat menjaga tingkat COGS di angka 48,90% dan operasionalnya di angka 22,09% dari penjualan. Hal ini menunjukan bahwa Perseroan dapat beroperasi secara efisien sehingga dapat mencetak keuntungan yang baik.


Sedangkan sesuai rencana bisnis Perseroan, RELF saat ini sedang mempersiapkan pembukaan proyek baru yang berlokasi di Semplak, Kabupaten Bogor dan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Aktivitas marketing dan penjualan untuk kedua proyek tersebut sudah mulai berjalan di pertengahan tahun ini.


Edy Abdul Malik, Direktur Keuangan RELF mengatakan, “Manajemen terus mengejar penjualan, mempercepat pembangunan dan serah terima unit rumah kepada konsumen hal ini bertujuan agar pendapatan penjualan rumah bisa dicatatkan sesuai rencana di tahun ini.”


Edy menambahkan, “Perseroan memiliki potensi pencatatan pendapatan dari unit yang sudah terjual dan sedang proses pembangunan sebesar Rp 45,61 miliar. Dengan pencapaian ini perseroan berpotensi mencatatkan kenaikan pendapatan dan laba bersih yang signifikan di akhir tahun ini.”