EmitenNews.com -PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) – SURGE bersama PT Indonesia Connectivity Investasi (ICONVEST) secara resmi mengumumkan kolaborasi kedua belah pihak dalam mengembangkan internet terjangkau bagi masyarakat. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Yune Marketatmo sebagai Direktur Utama Surge dan Yulianto Sri Hartadi sebagai Direktur Utama Iconvest.

Kedua Perseroan bersepakat untuk melakukan rencana pengembangan portofolio bisnis internet terjangkau termasuk sharing competency dan sharing capacity. Kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi katalis positif bagi kinerja operasional kedua belah pihak. Pendapatan dari segmen telekomunikasi yang dimiliki Surge telah bertumbuh lebih dari 170% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, dan dengan adanya kolaborasi dengan ICONVEST ini diharapkan dapat meningkatkan lagi kinerja segmen telekomunikasi Perseroan dan memberikan dampak yang besar bagi masyarakat melalui penyediaan internet unlimited yang terjangkau.

ICONVEST merupakan Anak Perusahaan dari PT Indonesia Comnets Plus (PLN Icon Plus) yang merupakan perusahaan penyedia jasa internet (internet service provider) yang telah memiliki hampir 3 juta homepass yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara Surge memiliki jaringan konektivitas di sepanjang jalur kereta berkapasitas besar dengan total backbone mencapai 7.000 km. Diharapkan dengan adanya kolaborasi ini akan menjembatani kompetensi masing-masing pihak dalam meningkatkan efisiensi infrastruktur dalam memberikan layanan internet yang terjangkau bagi rumah tangga.

Yune Marketatmo, selaku Direktur Utama Surge, menyampaikan, “Kami sangat antusias dengan adanya MoU antara Surge dengan ICONVEST dalam menghadirkan layanan internet terjangkau. Kolaborasi merupakan kunci untuk kedua belah pihak dalam mengoptimalkan potensi infrastruktur yang dimiliki dalam memberikan manfaat yang lebih besar bagi Masyarakat. Dengan kolaborasi ini baik Surge maupun ICONVEST berharap dapat menjadi katalis utama pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia melalui pemerataan jaringan internet yang handal dan terjangkau ini.”

Direktur ICONVEST, Yulianto Sri Hartadi, mengatakan, “Kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam mendorong transformasi digital di Indonesia. Dengan kolaborasi infrastruktur dan kompetensi yang dimiliki kedua belah pihak, kami yakin kerja sama ini akan mempercepat penyediaan layanan internet terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat luas. Kerja sama ini tidak hanya akan mendorong efisiensi operasional, tetapi juga menjadi katalisator penting dalam pertumbuhan ekonomi digital yang lebih inklusif di seluruh wilayah Indonesia. Kami terus membuka peluang kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan transformasi energi hijau berkelanjutan.”

Sebelumnya Surge (WIFI) melalui anak usahanya, PT Integrasi Jaringan Ekosistem (IJE), telah menjalin berbagai kerja sama dan kemitraan baru di tahun 2024 ini, diantaranya kerja sama dengan Pertamina Gas Negara (PGN) untuk mengembangkan jaringan pipa gas dan layanan Information and Communication Technology (ICT) bagi 2,5 juta rumah tangga. Perseroan juga telah menjalin kemitraan strategis dengan Nokia untuk mempercepat pengembangan konektivitas yang terjangkau dengan memanfaatkan teknologi terbaru dari Nokia.

Surge juga telah memulai kerjasamanya dengan Arsari Group, dimana Arsari Group melalui Arsari Sentra Data akan berinvestasi pada Perseroan untuk mewujudkan target bersama dalam penyediaan infrastruktur internet yang handal dan terjangkau bagi 25 juta rumah tangga.

Secara korporasi, melalui anak usaha PT Integrasi Jaringan Ekosistem (IJE), Perseroan telah menerbitkan obligasi senilai Rp 600 miliar untuk mendukung kebutuhan ekspansi infrastruktur konektivitas yang handal dan terjangkau. Penyediaan internet yang handal dan terjangkau tersebut diharapkan dapat membawa pada transformasi digital yang akan berujung pada transformasi ekonomi ke arah pertumbuhan nasional yang lebih tinggi.