EmitenNews.com - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara, 9-20 September 2024 menjadi ajang unjuk gigi para atlet terbaik Tanah Air. Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan event olahraga terbesar di Indonesia ini, PT Galaksak Brilliant Solusi (GBS) didukung PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TRON) menghadirkan solusi teknologi terkini berupa GPS berbasis IoT dengan fitur 2 Way Communications. 

Dengan adanya teknologi ini mempermudah komunikasi antara driver dengan operator armada dan Aplikasi Transponsumut yang terintegrasi.

Kolaborasi ini bertujuan memberikan kemudahan bagi para peserta PON dalam mengakses transportasi selama perhelatan berlangsung. Dengan dilengkapi teknologi Internet of Things (IoT) yang terintegrasi, perangkat GPS, Fleet Management System, dan Aplikasi Transponsumut mampu memberikan informasi yang akurat dan real-time mengenai ketersediaan armada, estimasi waktu kedatangan, serta pelacakan posisi kendaraan.

Dalam keterangannya Senin (9/9/2024), Dr. Agustinus Panjaitan, S.SiT, MT, Kadishub Sumatera Utara sekaligus Ketua Bidang Transportasi PB PON XXI tahun 2024 (Kadishub) menyampaikan, sangat mengapresiasi dukungan dari PT Galaksak Brilliant Solusi dan PT TKDN Tbk dalam menyediakan solusi transportasi yang efisien dan modern untuk PON XXI. 

Dengan adanya aplikasi Transponsumut, para atlet dan ofisial dapat dengan mudah memesan dan melacak kendaraan, sehingga dapat fokus pada persiapan pertandingan. Apalagi panitia terkait dapat memantau serta berkomunikasi langsung dengan para pengemudi melalui fitur Two Way Communication dari GPS untuk memastikan efisiensi dan keamanan bermobilisasi.

Agustinus juga menjelaskan bahwa Pj. Gubernur Sumatera Utara telah turun langsung meninjau Command Center Room Bidang Transportasi di Kantor Dishub Sumut Lantai II. Gubernur telah menggunakan langsung fitur two way communication tersebut dan berinteraksi dengan pengguna layanan transportasi,  memberikan apresiasi dan berharap Bidang Transportasi dapat memberikan layanan yang terbaik melalui dukungan teknologi tersebut.

“Dengan adanya armada Transponsumut yang telah terpasang GPS, sistem transportasi pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara menjadi lebih terorganisir dan efisien. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang positif bagi seluruh peserta dan pengunjung,” tutup Kadishub.

Sementara itu, David Santoso, Direktur Utama PT TKDN Tbk. mengaku bangga dapat berkontribusi dalam suksesnya PON XXI Aceh-Sumatera Utara. Solusi teknologi yang kami hadirkan diharapkan dapat meningkatkan efisiensi transportasi, memberikan kenyamanan bagi para peserta, serta mendukung kelancaran seluruh rangkaian acara.

Fitur Unggulan Aplikasi Transponsumut:

  •     Pemesanan Armada: Peserta PON dapat dengan mudah memesan armada transportasi melalui aplikasi.
  •     Pelacakan Posisi Kendaraan: Aplikasi menampilkan posisi kendaraan secara real-time sehingga pengguna dapat memperkirakan waktu kedatangan.
  •     Informasi Detail Kendaraan: Pengguna dapat melihat informasi lengkap mengenai kendaraan yang akan dinaiki, seperti Kode Kendaraan dan nama pengemudi.
  •     Jadwal Pertandingan dan Informasi PON: Aplikasi juga menyediakan informasi terkait jadwal pertandingan, pengumuman, dan berita terbaru seputar PON XXI.
  •     Dashboard Executive: Platform terintegrasi untuk memantau operasional armada secara keseluruhan.

Direktur Utama PT Galaksak Brilliant Solusi, Daryono menyatakan, sangat antusias dapat berkolaborasi dengan PT TKDN Tbk, perusahaan yang telah berpengalaman dalam bidang teknologi transportasi. 

Dengan pengalaman dan keahliannya, pihaknya yakin dapat menghadirkan solusi terbaik untuk PON XXI. Melalui kerja sama ini, ia berharap dapat memberikan kontribusi signifikan bagi kelancaran dan kesuksesan acara olahraga terbesar di Indonesia ini. ***