Faktor-faktor yang Dapat, Secara Individual atau Bersama-sama, Menyebabkan Tindakan/Peningkatan Peringkat Positif Tidak ada kenaikan peringkat untuk Peringkat Nasional Jangka Panjang KB Bukopin karena sudah berada di titik tertinggi dalam skala.

 

Obligasi senior tanpa jaminan diperingkat pada tingkat yang sama dengan Peringkat Nasional Jangka Panjang KB Bukopin, sejalan dengan kriteria Fitch, karena merupakan kewajiban langsung dan senior tanpa jaminan bank dan memiliki peringkat yang setara dengan semua kewajiban tanpa jaminan senior lainnya. Indonesia tidak memiliki kerangka resolusi yang canggih, dan kami yakin kewajiban ini memiliki prospek pemulihan yang rata-rata.

 

Obligasi subordinasi Basel III KB Bukopin diperingkat dua tingkat di bawah Peringkat Nasional Jangka Panjang. Kedua notch tersebut untuk tingkat keparahan kerugian, yang mencerminkan subordinasi obligasi dan pandangan kami tentang prospek pemulihan yang buruk dibandingkan dengan obligasi senior tanpa jaminan. Instrumen utang Tier 2 memiliki fitur write-down permanen yang melekat (pokok dan/atau bunga secara penuh atau sebagian) yang dapat dipicu ketika bank mendekati titik non-viabilitasnya.

 

Tidak ada notch tambahan untuk risiko non-kinerja, karena kami percaya bahwa non-kinerja dinetralkan oleh potensi dukungan institusional dari Kookmin Bank. Pendekatan ini berbeda untuk bank lokal yang tidak mendapat manfaat dari dukungan pemerintah atau pemerintah tingkat tinggi. Untuk tipikal bank Indonesia, standar notching Fitch untuk non-performance risk untuk obligasi subordinasi serupa adalah satu notch untuk memperhitungkan risiko kerugian kelangsungan usaha dari penangguhan kupon dan/atau pokok. Obligasi KB Bukopin memiliki fitur yang memungkinkan kupon ditangguhkan dan diakumulasikan jika posisi permodalan bank berada di bawah persyaratan minimum.

 

Setiap penurunan Peringkat Nasional Jangka Panjang KB Bukopin akan menyebabkan penurunan peringkat yang sesuai. Penurunan peringkat utang subordinasi juga dapat terjadi akibat penilaian ulang tingkat keparahan kerugian atau risiko non-kinerja, yang mengarah pada pelebaran notching.

 

Tindakan pemeringkatan positif untuk utang senior tidak dimungkinkan karena peringkat tersebut sudah berada pada titik tertinggi pada skala peringkat nasional. Peningkatan peringkat utang subordinasi dimungkinkan jika satu atau lebih faktor untuk bentukan yang lebih sempit, sebagaimana diuraikan dalam Kriteria Peringkat Bank Fitch, ada. Namun, kami percaya faktor-faktor ini tidak mungkin terjadi.

 

Peringkat Nasional Jangka Panjang yang digerakkan oleh dukungan KB Bukopin terkait dengan kredit ke VR Kookmin Bank, berdasarkan ekspektasi kami akan dukungan luar biasa.