EmitenNews.com - PT Sucofindo menandatangani nota kesepahaman dengan PT Indofarma Tbk dalam rencana kerja sama mengoperasikan Pusat Logistik Berikat (PLB) di salah satu lokasi milik Indofarma.


Penandatanganan Nota Kesepahaman Optimalisasi Aset untuk PLB ini dilakukan oleh Direktur Komersial PT Sucofindo Darwin Abas dan Direktur Utama PT Indofarma Tbk Arief Pramuhanto pada Jumat (11/2/2022).


Darwin Abas, seperti dilansir laman Kementerian BUMN menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari inisiatif strategis bersama dan sinergi antar-BUMN. Melalui kolaborasi untuk membangun kerja sama dengan PT Indofarma Tbk, PT Sucofindo berkesempatan mengoperasikan PLB milik mereka.


"Kami berharap kerja sama dalam bidang optimalisasi aset ini dapat membantu proses bisnis para pelaku usaha di bidang industri secara umum, khususnya PT Indofarma Tbk," kata Darwin. Selain itu juga diharapkan mampu menciptakan sinergi dalam kegiatan bisnis dan pencapaian pendapatan baik bagi PT Sucofindo maupun PT Indofarma.


PLB merupakan tempat penimbunan barang yang berasal luar daerah pabean dan/atau barang yang berasal dari tempat lain dalam daerah pabean yang dapat disertai dengan 1 (satu) atau lebih kegiatan sederhana dalam jangka waktu tertentu untuk selanjutnya dikeluarkan kembali.


PLB adalah fasilitas yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kepada para pelaku usaha, termasuk Sucofindo yang telah mendapatkan izin di Jakarta (Marunda), Surabaya, dan Bekasi.


Fasilitas PLB ini dapat dimanfaatkan dalam rangka mengurangi dwelling time (waktu tunggu di pelabuhan) serta percepatan importasi bahan baku produk farmasi khususnya untuk PT Indofarma Tbk yang merupakan anggota Holding BUMN Farmasi.


Arief Pramuhanto menyebut dengan adanya PLB ini selain akan mengoptimalisasi aset perusahaan juga memberikan dampak positif lainnya bagi Indofarma yang merupakan perusahaan manufaktur farmasi.


"Karena PLB memiliki banyak manfaat yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk melalui efisiensi proses produksi melalui penyediaan bahan baku industri secara lebih cepat dan tepat, dengan dukungan fasilitas fiskal yang diperoleh dari PLB," jelasnya.


Melalui kolaborasi ini kedua belah pihak sepakat untuk saling memberikan manfaat dan nilai tambah sesuai dengan kapabilitasnya masing-masing.


Dengan semangat sinergi, PT Sucofindo dan PT Indofarma Tbk berkomitmen untuk terus mendukung ekosistem bisnis kesehatan maupun industri lainnya di Indonesia melalui penyediaan layanan logistik yang terintegrasi sehingga dapat menurunkan biaya logistik dan transportasi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemajuan Industri Nasional.(fj)