EmitenNews.com -Lonjakan saham PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) sepertinya masih terus mengalami euforia. Sepanjang tahun 2024 ini, saham WIFI telah menguat 103,87 persen setara 161 poin dibandingkan awal tahun yang berada di level 155 per saham.

Bahkan pada perdagangan kemarin saham WIFI sempat menguat ke level 326 dan hingga akhir perdagangan ditutup menguat 3,27 persen atau 10 poin ke level 316 dari hari sebelumnya di 306 per saham.

Senior Technical Analyst Mirae Asset Sekuritas Nafan Aji Gusta menyatakan bahwa posisi saham PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) masih memiliki peluang penguatan dengan target price dalam waktu dekat di level 336 per lembar dan support terdekat di 288.

Nafan juga menambahkan bahwa sentimen dari transisi pemerintahan saat ini sudah ada price in dari kenaikan saham WIFI sudah extreme bullis. Jika melihat sisi fundamental memang kinerja WIFI dari top line dan bottom line tumbuh. Serta komitmen WIFI untuk meningkatkan penetrasi internet di perumahan sangat baik, dimana target perseroan untuk 25 juta pengguna rumah tangga dalam rangka mendukung visi dan misi pemerintah dalam meningkatkan core produk berbasis teknologi dengan peluang pengembangan yang luas, karena saat ini penetrasi internet di Indonesia masih sangat rendah.

Senada dengan Nafan, Research Analyst BRI Danareksa Sekuritas Niko Margaronis menyatakan bahwa saham PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) masih menarik.

Niko menjabarkan Basically, WIFI memiliki jaringan yang bagus karena menggunakan jalur kereta api untuk memasang kabel fibernya. Saya berharap ini sangat berguna bagi perusahaan internet yang ingin menjual internet fixed broadband ke rumah tangga. 

“Pasti kiri kanan sebelah jalur kereta api ada banyak perumahan yang ISP provider bisa jualan internet rumah,” ujar Niko.

Lebih menarik lagi karena semua operator seperti (Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Smartfren) juga ingin jualan sekarang fixed BB internet dengan mobile. Hal ini tentu akan membuat permintaan akan naik. Dimana orang pasti sudah mulai nyaman dengan ide-ide bisa punya internet untuk rumah. “WIFI bisa membantu operator-operator tersebut dengan jualan jaringan mereka yang menarik,” tutur Niko.

Sedangkan dari sisi pemerintahan baru, itu menjadi katalis pertumbuhan jadi lebih besar. Karena pemerintah katanya mau membantu bangun perumahan setiap tahun untuk low segment. Dimana hal imi pasti banyak rumah di bangun dengan saluran untuk internet rumah, pungkasnya.

Bahkan, sebelumnya riset dari RHB Sekuritas Indonesia (DR) pada Rabu, 9 Oktober 2024, menyatakan bahwa nilai wajar (FV) dari saham emiten penyedia infrastruktur teknologi dan jaringan internet PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) ada di level 400 per lembar.

Head of Research Samuel Sekuritas Indonesia Prasetya Gunadi pada pekan lalu menyebut bahwa saham WIFI menjadi salah satu saham yang akan tersengat sentimen dari pemerintahan Prabowo-Gibran. Dimana WIFI memiliki hubungan dengan Hashim Djojohadikusumo sebagai Adik dari Prabowo Subianto. Dimana WIFI telah memiliki MoU dengan perusahaan Hashim yaitu Arsari Group untuk investasi di sektor jaringan infrastruktur teknologi. Dengan begitu Samuel Sekuritas Indonesia menyematkan rekomendasi beli untuk saham WIFI dengan target price di 424 per saham.