EmitenNews.com - Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) bakal menambah lini usaha anyar. Yaitu, berupa platform digital berlabel Alfagift. Penambahan kegiatan usaha itu, akan dilakukan setelah mendapat lampu hijau para investor.

Alasan penambahan kegiatan usaha itu sebagai berikut. Perseroan melihat perkembangan industri digital memiliki prospek bisnis menguntungkan. Pasalnya, telah menjadi bagian dari gaya hidup modern masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 

Perseroan berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan konsumen dalam berbelanja dengan menghadirkan fitur transaksi di Alfagift. Peningkatan jumlah member Alfagift diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan penjualan perseroan.

Perseroan sebagai perusahan bergerak bidang perdagangan eceran berbagai macam barang terutama makanan, minuman atau tembakau dengan format minimarket dan jasa waralaba, berencana mengembangkan kegiatan usaha guna meningkatkan kinerja dengan menambahkan kegiatan usaha berupa Portal Web dan/atau Platform Digital dengan tujuan komersial.

Di mana konsumen dapat melakukan pemesanan berbagai macam barang dijual perseroan dengan mudah, dan cepat melalui portal web dan/atau platform digital disediakan perseroan. Awalnya Alfagift dikembangkan sebagai platform keanggotaan digital bagi konsumen akan menjadi member Alfamart. Namun, seiring perjalanan waktu, terutama selama, dan pasca-pandemi Covid-19, tren penjualan ritel mengalami pergeseran ke arah go online mengikuti perubahan perilaku konsumen selama beberapa tahun terakhir sudah terbiasa bertransaksi, dan berbelanja dengan mudah secara jarak jauh. 

Oleh karena itu, perseroan dituntut untuk dapat adaptif dengan mengembangkan kegiatan usaha melalui platform digital yaitu Alfagift. Alfagift sebagai salah satu omni channel Alfamart menyediakan layanan pemenuhan kebutuhan sehari-hari untuk konsumen termasuk kebutuhan groceries, produk e-services, dan sebagainya. 

Alfagift terus berkembang dengan menambahkan fitur transaksi sehingga konsumen dapat melakukan pemesanan makanan, minuman dan/atau produk lainnya di gerai Alfamart dengan mudah, dan cepat. Untuk memperkuat eksistensi di mata masyarakat, perseroan juga memberi pelayanan sebagai lini distribusi terbaik untuk konsumen. 

Alfagift disiapkan untuk membuat Alfamart tetap relevan dengan preferensi seluruh segmen masyarakat khususnya kalangan usia muda dengan terus mengimplementasikan teknologi terkini sejalan kebutuhan konsumen. Langkah itu, memungkinkan perseroan untuk menjangkau target pasar secara lebih efektif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. 

Pada 31 Desember 2023, perseroan memiliki gerai Alfamart dengan jumlah 19.087 gerai tersebar seluruh Indonesia. Selanjutnya, perseroan melihat perkembangan industri digital memiliki prospek bisnis menguntungkan terutama tren belanja online telah menjadi bagian dari gaya hidup modern dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan memaksimalkan konsep digital pada setiap gerai Alfamart, perseroan mengharapkan tercipta suatu sinergi dapat berkontribusi positif dengan adanya penambahan ragam pelayanan kepada konsumen seluruh gerai Alfamart. Penambahan kegiatan usaha diharap meningkatkan kinerja keuangan, dan memberi nilai tambah investasi bagi para pemegang saham perseroan. 

Rencana penambahan lini usaha baru akan dimohonkan persetujuan pada rapat umum pemegang saham (RUPS) tahunan pada Kamis, 16 Mei 2024. Rapat akan digelar di Alfa Tower, Jalan Jalur Sutera Barat, Kota Tangerang, Banten. (*)