EmitenNews.com -PT Satria Antaran Prima Tbk (SAPX) akan melakukan Penambahan Modal Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right issue dengan melepas sebanyak 2.496.666.700 saham baru bernominal Rp100 per lembar.

 

Mengutip keterangan resmi emiten logistik itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (12/7/2023) bahwa jumlah saham yang dilepas setara dengan 74,97 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

 

“Pemegang saham Perseroan yang tidak menggunakan haknya untuk memesan saham baru yang ditawarkan dalam PMHMETD I sesuai dengan HMETD yang dimilikinya, maka pemegang saham tersebut akan terdilusi atas kepemilikan sahamnya sebesar maksimum 74,97 persen,” tulis manajemen SAPX.

 

Aksi korporasi ini akan dihelat dalam rentang 12 bulan sejak persetujuan pemodal dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 21 Agustus 2023.

 

Bagi pemodal yang berminat menghadiri RUPSLB wajib tercantum dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) SAPX pada penutupan perdagangan bursa tanggal 26 Juli 2023.

 

Rencananya, dana hasil aksi korporasi ini untuk modal kerja guna menopang rencana pengembangan usaha Perseroan.

 

SAPX menilai, aksi right issue ini akan memperoleh tambahan modal baru yang akan memperkuat struktur permodalan dan meningkatkan kas untuk mendukung rencana pengembangan usaha Perseroan di masa yang akan datang, sehingga dalam jangka panjang diharapkan dapat berdampak signifikan pada profitabilitas, arus kas, perbaikan layanan, percepatan pertumbuhan pendapatan, pangsa pasar, keberlangsungan usaha, dan tingkat pengembalian yang dihasilkan oleh Perseroan kepada pemegang saham.

 

Selain itu, aksi ini meningkatkan jumlah saham yang beredar di masyarakat yang tercatat di pasar modal dalam negeri, sehingga dengan adanya penambahan modal dengan memberikan HMETD ini diharapkan akan dapat meningkatkan kapitalisasi pasar dan likuiditas saham, yang pada akhirnya diharapkan akan dapat memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham.