EmitenNews.com - Turnamen games “Lokapala Jawara Nusantara” yang diselenggarakan oleh Telkomsel melalui Dunia Games bersama INDICO dan Melon Indonesia, menobatkan Jeet Capital sebagai pemenang dalam grand final secara virtual pada 27 Maret 2022. Dalam final yang mempertandingkan empat tim, Jeet Capital mengalahkan Dewa United, yang dinobatkan sebagai peringkat kedua. Juara tiga, Rans ESports setelah mengalahkan Bonafide ESports dalam turnamen yang turut didukung Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan perkembangan industri game lokal telah maju begitu pesat, khususnya kategori game kompetitif, yang menjadi media pertandingan kali ini, yaitu Lokapala. Turnamen Lokapala Jawara Nusantara ini memiliki semangat membangun negeri hingga merupakan salah satu wadah perkembangan industri game lokal dalam melahirkan para atlet eSports professional, publisher game, dan developer game. Luhut mengapresiasi langkah Telkomsel, INDICO, dan Melon yang berperan aktif mengembangkan industri game lokal, dan memajukan ekosistem eSports.


“Selamat kepada para juara dan terima kasih atas partisipasinya kepada seluruh peserta. Kita harus menunjukkan bangsa yang besar, bangsa profesional, bangsa sportif, yang bisa menunjukkan nilai-nilai seperti ini ke depan. Terima kasih juga kepada Antarupa Studios dan Melon Indonesia sebagai developer dan publisher game lokapala. Ke depan kami berharap perkembangan industri game lokal dan perhelatan eSports lainnya dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila, kebhinekaan, wawasan kebangsaan, dan juga tentu ujungnya revolusi mental,” kata Luhut.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menambahkan, Industri eSports terbukti memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang pesat. Tahun 2020, revenue industri game sebesar USD1,8 miliar, tahun 2021 naik menjadi USD2,8 miliar. Terkait dengan sumber daya manusia, studi oleh Vero dan Decision Lab mengungkap, stakeholder industri eSports Indonesia mencapai 52 juta orang, baik sebagai pemain, pelatih, analis dan lain sebagainya. Jumlah ini diprediksi akan semakin meningkat, mengingat kegiatan dari industri game maupun eSports sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.


“Saya mendukung atlet-atlet eSports Indonesia yang bertanding di turnamen “Lokapala Jawara Nusantara” dengan menunjukkan skill, knowledge, dan sportivitas. Mari meraih prestasi dan membawa nama baik untuk Indonesia,” katanya.


Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, Telkomsel mengapresiasi dukungan, kontribusi serta kolaborasi para pemangku kepentingan terutama Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam membangun pengembangan industri games dan eSports Tanah Air melalui berbagai inisiatif seperti Turnamen “Lokapala Jawara Nusantara”. “Kami mengucapkan selamat kepada tim eSports yang telah berhasil menjadi juara dan sangat mengapresiasi seluruh tim yang telah bertanding di laga final “Lokapala Jawara Nusantara.” (Endang Muchtar). ***