EmitenNews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) rawan tersandera koreksi. Sepanjang perdagangan hari ini, Selasa, 17 September 2024, IHSG akan berayun di  kisaran 7.780-7.800. Tanpa bursa Jepang dan Tiongkok, libur sepanjang pekan ini, IHSG akan didominasi sentimen Amerika Serikat (AS), dan Eropa. 

Nah, dari dalam negeri, tampaknya pasar cenderung wait and see terhadap respons rapat dewan gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) atas keputusan FOMC pada 17-18 September 2024. RDG BI dijadwalkan pada 20-21 September 2024. BI diyakini menahan suku bunga acuan dalam pertemuan tersebut. 

Akan tetapi, pasar berharap ada petunjuk mengenai peluang pemangkasan suku bunga acuan pada kuartal IV-2024. Mempertimbangkan sentimen-sentimen itu, saham-saham bank atau sensitif terhadap perubahan suku bunga, seperti properti dan otomotif diperkirakan mengalami peningkatan aktivitas (fluktuasi) sebagai respons FOMC, dan antisipasi RDG BI tersebut. 

Selain itu, Phintraco Sekuritas juga menilai pasar akan mengantisipasi data neraca perdagangan edisi Agustus 2024. Pertumbuhan nilai ekspor dan impor diperkirakan kembali melambat sepanjang Agustus 2024. (*)