- Kelipatan nilai perusahaan sebesar 5x EBITDA diterapkan pada EBITDA going concern untuk menghitung nilai perusahaan pasca reorganisasi. Berbagai faktor dalam kualitas pelanggan Pan Brothers dan permintaan yang stabil, meskipun ada gangguan terkait pandemi Covid-19. Kelipatan tersebut juga menerapkan diskon dari rata-rata sekitar 8x dari rekan pakaian Asia yang sebanding, yang umumnya lebih besar dari Pan Brothers.

 

- Nilai kelangsungan usaha perusahaan terkait dengan Peringkat Pemulihan 'RR3' untuk wesel tanpa jaminan senior setelah disesuaikan dengan klaim administratif. Namun demikian, Fitch telah memeringkat obligasi senior tanpa jaminan di 'CCC-' dengan Peringkat Pemulihan 'RR4' karena, berdasarkan Kriteria Perlakuan Khusus Negara untuk Peringkat Pemulihan kami, Indonesia diklasifikasikan di bawah Grup D negara dalam hal keramahan kreditur. dan peringkat instrumen emiten dengan aset yang berada di grup ini tunduk pada soft cap pada IDR emiten dan Peringkat Pemulihan 'RR4'.

 

SENSITIVITAS PERINGKAT

Faktor-faktor yang dapat, secara individu atau kolektif, mengarah pada tindakan/peningkatan peringkat yang positif:

- Peningkatan likuiditas yang mencakup akses berkelanjutan ke pendanaan bank

Faktor-faktor yang dapat, secara individu atau kolektif, menyebabkan tindakan/penurunan peringkat negatif:

- Ketidakmampuan untuk membiayai kembali pinjaman sindikasi yang akan datang pada akhir 3Q23

 

SKENARIO PENILAIAN KASUS TERBAIK/TERBURUK

Peringkat kredit berskala internasional dari emiten Korporasi Non-Keuangan memiliki skenario kasus terbaik peningkatan peringkat (didefinisikan sebagai persentil ke-99 dari transisi peringkat, diukur dalam arah yang positif) sebesar tiga tingkat dalam jangka waktu tiga tahun; dan skenario kasus terburuk penurunan peringkat (didefinisikan sebagai persentil ke-99 dari transisi peringkat, diukur dalam arah negatif) dari empat tingkat selama tiga tahun. Rentang lengkap peringkat kredit skenario terbaik dan terburuk untuk semua kategori peringkat berkisar dari 'AAA' hingga 'D'. Peringkat kredit skenario terbaik dan terburuk didasarkan pada kinerja historis. 

 

LIKUIDITAS DAN STRUKTUR UTANG

Likuiditas Tidak Memadai: Pan Brothers memiliki kas yang tersedia sebesar USD36 juta dan tidak ada fasilitas komitmen yang belum ditarik pada akhir Maret 2023. Jumlah ini tidak cukup untuk menutup utang jangka pendek yang jatuh tempo, yang sebagian besar merupakan pinjaman sindikasi sebesar USD124 juta yang jatuh tempo pada Desember 2023. Kami juga memperkirakan bahwa arus kas bebas akan negatif pada tahun 2023, didorong oleh posisi modal kerja yang lebih lemah, yang selanjutnya akan menyeret likuiditas. Waktu yang singkat hingga pinjaman sindikasi jatuh tempo meningkatkan risiko Pan Brothers tidak dapat menemukan solusi untuk mengatasi jatuh tempo utang.