EmitenNews.com - Pemerintah merepon soal penetapan harga bahan bakar minyak (BBM). Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengusulkan pengumuman perubahan harga BBM Nonsubsidi seperti Pertamax akan dilakukan setiap minggu. Usulan ini cara Menteri BUMN Erick Thohir merespons ditundanya pengumuman penyesuaian harga jual BBM nonsubsidi atau Jenis Bahan Bakar Umum (JBU) hari ini oleh PT Pertamina (Persero).


Dalam acara Konferensi Pers Awal Tahun 2023 di Gedung Kementerian BUMN, Senin (2/1/2022), Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan pihaknya ingin melakukan konsultasi terlebih dahulu agar perubahan harga Pertamax bisa diumumkan setiap pekan supaya sesuai dengan harga pasar.


"Jangan kita terjebak di birokrasi harga bensinnya turun, aturannya belum keluar. Kalau tiap minggu kan enak, oh minggu depan kira-kira harga sekian karena minyak dunia harganya sekian," kata Erick Thohir.


Pertamina sedang melakukan tinjauan internal untuk segera mengumumkan penyesuaian harga kepada seluruh BBM nonsubsidi atau jenis BBM umum. Dalam pesan singkatnya, Senin, Sekretaris Perusahaan Pertamina Parta Niaga, Irto Ginting, menyampaikan bahwa pengumuman penyesuaian harga JBU segera disiarkan setelah proses tinjauan perusahaan selesai.


Fluktuasi harga minyak pada akhir tahun 2022 diproyeksikan bakal berdampak pada penurunan harga BBM nonsubsidi jenis bensin seperti Pertamax. Kini harga minyak mentah Brent yang berada di kisaran USD85,91 per barel saat ini jauh lebih rendah dari reli harga minyak pada awal pembentukan harga Pertamax senilai Rp13.900 per liter untuk wilayah Jawa-Bali pada Oktober lalu. Saat itu, harga minyak Brent USD91,59 per barel.


Di lapangan sejumlah SPBU swasta melakukan penyesuaian harga BBM pada pembukaan tahun 2023. PT Vivo Energy Indonesia atau Vivo, dan BP kompak menurunkan harga BBM-nya per 1 Januari 2023. SPBU Vivo memangkas harga BBM untuk jenis Revvo 90 setara Pertalite menjadi Rp11.800 per liter dari sebelumnya Rp12.000 per liter.


Tidak berbeda dengan Revvo 95 yang kini dijual di harga Rp 13.600 per liter dari sebelumnya Rp14.600 per liter. Sedangkan BBM Revvo 92 setara Pertamax menjadi Rp12.800 per liter dari sebelumnya Rp14.000 per liter. Harga BBM Revvo 92 ini lebih murah Rp1.100 per liter dari harga Pertamax di area Jawa-Bali yang seharga Rp13.900 per liter. ***