EmitenNews.com– BINUS University bekerjasama dengan Nusameta, anak usaha WIR Group, dalam penyelenggaraan ‘BINUS University Presents Intellectual Property (IP) Day Powered by Nusameta’ untuk menyinergikan pemilik hak IP atau kekayaan intelektual (KI) dan kemajuan teknologi. 

IP Day, yang berlangsung Kamis, 25 Juli 2024 di FX Campus - BINUS @Senayan, mempertemukan tokoh-tokoh berpengaruh dari berbagai industri untuk berbagi visi tentang bagaimana kepemilikan hak KI dan ekosistem virtual dapat mendorong pertumbuhan bisnis dan inovasi. 

Partisipan lain seperti akademisi dan penggiat teknologi juga hadir untuk berkolaborasi dan mengeksplorasi berbagai peluang yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi dalam mendukung dan mengembangkan KI agar tetap kompetitif di pasar yang berkembang pesat saat ini.

Dalam sesi pembukaan acara ini, Head of Master of Design Department BINUS Graduate Program Dr. Ferric Limano, S.Sn., M.Ds menekankan bahwa hak KI memerlukan perancang atau pencipta yang tepat. 

“Melalui pendidikan dengan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan industri, kita dapat menghasilkan karya intelektual yang unggul. Program Master of Design BINUS University terus berkomitmen untuk menghasilkan Advance Designpreneur, yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan inovasi dan kreativitas yang tinggi.”

Kekayaan Intelektual telah muncul sebagai aset penting dalam ekonomi inovatif, menumbuhkan kreativitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Nusameta menyadari pentingnya peran strategis dalam menjadi pusat bagi IP lokal untuk meningkatkan pengalaman virtual dan membuka potensi penuhnya. Chief Product and Development Officer of Nusameta Budianto menekankan, “Nusameta hadir sebagai jembatan antara dunia nyata dan dunia virtual, memberikan solusi inovatif yang dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan KI. Melalui IP Day, kami ingin menunjukkan bagaimana teknologi dapat menjadi katalisator untuk inovasi, edukasi, dan pertumbuhan ekonomi. Kami juga bangga telah menerima banyak pemain IP lokal dalam ekosistem Nusameta.”


Pencipta ‘Si Juki’ Faza Meonk menjelaskan, kehadiran teknologi telah mengembangkan IP, khususnya bagi IP lokal yang memiliki added value keterkaitan dengan publik. Dalam paparannya di sesi bincang-bincang dengan para pelaku industri, seniman yang juga alumni BINUS University ini menegaskan peran Web3.0, beserta teknologi lainnya seperti digital collectibles dan blockchain, sebagai wadah interaksi bagi penggemar atau penonton seri komik Si Juki.

Bumilangit, ESMOD Jakarta, Rainbow Moto Builder, dan Si Juki adalah beberapa dari banyak pemain IP lokal yang turut membagikan pengalaman mengembangkan kekayaan intelektual di ekosistem virtual Nusameta pada IP Day. Hadir mewakili masing-masing IP, Head of Partnership and Licensing Bumilangit Entertainment Corporation Agung Rachmawan, Academic Program Manager ESMOD Jakarta Nathalia Gunarian, Founder Rainbow Moto Builder Adega Anggayasta, dan Pencipta Si Juki Faza Meonk. IP Day diharapkan dapat menjadi ajang tahunan yang mendorong kolaborasi lintas industri dan mempromosikan inovasi melalui pemanfaatan teknologi canggih.