EmitenNews - Yahoo Answers, salah satu platform tanya jawab web terlama dan paling bertingkat dalam sejarah internet, akan ditutup pada tanggal 4 Mei 2021. Pada hari itu situs web Yahoo Answers akan mulai dialihkan ke beranda Yahoo, dan semua arsip platform tidak akan ada lagi.


Yahoo, yang sekarang menjadi bagian dari Verizon Media Group setelah penjualan perusahaan ke industri telekomunikasi itu senilai hampir USD5 miliar pada tahun 2017, mengumumkan perubahan tersebut di bagian atas beranda Yahoo Answers.


"Yahoo Answers akan ditutup pada 4 Mei 2021, dan mulai 20 April 2021 situs web Yahoo Answers akan menjadi mode baca saja. Tidak akan ada perubahan pada properti atau layanan Yahoo lainnya, atau akun Yahoo Anda," demikian pengumuman resmi Yahoo.


Platform ini telah beroperasi sejak 2005. Tapi menurut website teknologi, The Verge, kepraktisannya sebagai forum tanya jawab online telah memudar seiring kebangkitan para pesaingnya seperti Reddit, Quora, dan tempat nongkrong internet lainnya. Mulai 20 April, platform tidak akan lagi menerima pengiriman baru FAQ.


Dalam kata pamitannya Yahoo menjelaskan bahwa mereka meluncurkan platform ini enam belas tahun yang lalu untuk membantu orang di seluruh dunia terhubung dan berbagi informasi.


"Bersama Anda dan jutaan pengguna lainnya, kami membangun tempat terbaik di web untuk mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang berbagai topik, menciptakan komunitas berbagi pengetahuan global. Meskipun kami sangat bangga dengan pencapaian kami bersama, hari ini kami menghubungi Anda untuk memberi tahu bahwa kami telah memutuskan untuk menutup Yahoo Answers pada 4 Mei 2021."


Meskipun perang Yahoo Answers pernah menjadi bagian penting dari produk dan layanan Yahoo, mereka mengakui platform ini menjadi kurang populer selama bertahun-tahun karena kebutuhan komunitas telah berubah. Untuk itu mereka memutuskan untuk mengalihkan sumber daya yang ada guna fokus pada produk yang melayani komunitas dengan lebih baik dan memenuhi janji Yahoo untuk menyediakan konten premium tepercaya.


"Mulai 20 April, Anda tidak dapat lagi memposting pertanyaan atau jawaban baru. Namun, Anda masih dapat melihat pertanyaan dan jawaban yang diposting hingga 4 Mei," jelas Yahoo. Pada tanggal 4 Mei, situs akan ditutup. "Jika Anda ingin mengunduh salinan pertanyaan dan jawaban yang telah Anda posting, Anda dapat melakukannya dengan masuk ke dasbor Privasi Anda dan meminta unduhan."


Kesempatan meminta unduhan dapat melakukannya hingga 30 Juni 2021. Setelah itu data Yahoo Answers akan dihapus sepenuhnya. Namun Yahoo menjamin penutupan Yahoo Answers tidak akan memengaruhi akun Yahoo Anda atau layanan Yahoo lainnya.(*)