Ingat ya, Mulai 27 November Kota Bogor Berlakukan Kawasan Wisata Wajib Vaksin Covid-19

26/11/2021, 13:01 WIB

Ingat ya, Mulai 27 November Kota Bogor Berlakukan Kawasan Wisata Wajib Vaksin Covid-19

EmitenNews.com - Ini antisipasi Pemerintah Kota Bogor terhadap kemungkinan meningkatnya kasus Covid-19 pada libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Mulai besok, Sabtu (27/11/2021), Satgas Penanganan Covid-19 setempat memberlakukan kawasan wisata wajib vaksin Covid-19. Jadi, masyarakat yang berkunjung ke tempat wisata maupun fasilitas publik di sana wajib sudah disuntik vaksin Covid-19.


Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor Bima Arya mengatakan, pemberlakuan kawasan wisata wajib vaksin Covid-19 untuk mencegah meningkatnya kasus pada libur Natal dan Tahun Baru 2022. Ingat, dengan kebijakan tersebut bukan berarti Pemkot Bogor melarang wisatawan berkunjung ke Kota Hujan. Pemkot juga tidak membatasi masyarakat berolahraga di pedestrian seputaran Kebun Raya Bogor.


"Silahkan mau jalan-jalan, mau berwisata ke Kota Bogor, tapi pastikan Anda sudah divaksin dan menunjukkan bukti kalau sudah divaksin," ujar politikus PAN ini dalam keterangannya yang dikutip Jumat (26/11/2021).


Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor, Kombes Susatyo Purnomo Condro, Kamis (25/11/2021), mengatakan, kebijakan tersebut mulai diterapkan Sabtu (27/11/2021). Aturan itu diberlakukan pada tempat wisata seperti Kebun Raya Bogor dan objek wisata lainnya hingga fasilitas publik seperti pedestrian. "Termasuk masyarakat yang memanfaatkan pedestrian di luar, seputar Kebun Raya Bogor, di akhir pekan."


Untuk keberhasilan aturan itu, pada pelaksanaan di lapangan Satgas Covid-19 telah menyiapkan 800 personel petugas gabungan. Mereka akan memeriksa dan memastikan bahwa masyarakat yang melakukan aktivitas di kawasan pedestrian sudah disuntik vaksin Covid-19.


Menurut Kombes Susatyo, kebijakan itu juga diterapkan bagi pesepeda maupun yang berolahraga di seputar pedestrian. Semuanya akan diperiksa di check point. Apabila sudah divaksin maka akan diberi tanda khusus. Namun jika ditemukan ada yang belum divaksin, petugas akan membawanya ke sentra vaksinasi. Ada tiga sentra yaitu di BTM, Siloam, dan Bakorwil.


Satgas Covid-19 juga akan menyediakan kendaraan untuk mengantarkan masyarakat ke sentra vaksinasi. Ada delapan bus yang disiapkan untuk mengantar para para pengunjung, dan wisatawan. ***


Author: N A