Investor Pantau Perkembangan Covid-19 di Eropa, Indeks Saham Asia Dibuka Melemah

26/11/2021, 10:05 WIB

Investor Pantau Perkembangan Covid-19 di Eropa, Indeks Saham Asia Dibuka Melemah

EmitenNews.com - Indeks saham di Asia pagi ini Jumat (26/11) dibuka turun dan indeks saham di Eropa semalam berakhir menguat karena investor terus memantau perkembangan politik dan krisis Covid-19 di daratan Eropa.


Dari sisi politik, Olaf Scholz, mantan Menteri Keuangan, akan menjadi Kanselir Jerman yang baru menggantikan Angela Merkel setelah pada hari Rabu terbentuk koalisi antara Partai Social Demokrats, Partai Hijau dan Partai Free Democrats

Di Swedia, Magdalena Andersson, wanita pertama yang terpilih sebagai PM, mengundurkan diri beberapa jam setelah di lantik. Langkah ini di ambil setelah APBN yang di usulkannya di tolak dan Partai Hijau (Green Party) keluar dari koalisi Pemerintahan yang hanya terdiri dari 2 Partai Politik.

"Investor juga mencerna rilis naskah pertemuan bulan Oktober bank sentral Eropa (ECB Monetary Policy Meeting Accounts) yang memperlihatkan bahwa pejabat ECB merasa tidak akan mempunyai data yang cukup pada pertemuan kebijakan bulan Desember nanti untuk membentuk pandanagan yang jelas mengenai arah pergerakan inflasi ke depan, sehingga harus mempertimbangkan semua opsi kebijakan," kata analis Phillip Sekuritas, Dustin Dana Pramitha.

Dari sisi data ekonomi, data memperlihatkan bahwa ekonomi Jerman tumbuh 2.7% (Q/Q) di 3Q21, sedikit di bawah ekspektasi sementara Gfk Consumer Sentiment Index bulan November turun menjadi -1.6 dari 1.0. indikasi bahwa lonjakan inflasi dan kasus penularan virus Covid-19 telah menekan sentimen konsumen Jerman memasuki bulan Desember.

Untuk perdagangan di BEI hari ini Phillip Sekuritas memprediksi IHSG cenderung melemah di rentang 6.679 - 6.735. Berikut teknikal saham yang direkomendasikan.

MAPI
Short Term Trend : Bearish
Medium Term Trend : Bullish
Trade Buy : 810
Target Price 1 : 850
Target Price 2 : 865
Stop Loss : 775

POWR
Short Term Trend : Bearish
Medium Term Trend : Bullish
Trade Buy : 645
Target Price 1 : 665
Target Price 2 : 675
Stop Loss : 630

INAF
Short Term Trend : Bearish
Medium Term Trend : Bearish
Trade Buy : 2,370
Target Price 1 : 2,450
Target Price 2 : 2,480
Stop Loss : 2,310.(fj)


Author: F J