EmitenNews.com - PT ITDC Nusantara Utilitas (ITDC NU), anak usaha PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), yang bergerak dalam bidang pengelolaan utilitas di kawasan pariwisata, terus berupaya untuk meningkatkan kelengkapan dan pelayanan utilitas di kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali, yang dikelola oleh ITDC.

 

Untuk itu, pada hari ini ITDC NU dan PT Tower Bersama yang merupakan bagian dari kelompok usaha Tower Bersama Group (TBIG) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Penyediaan, Pengembangan dan Penyelenggaraan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kawasan The Nusa Dua.

 

TBIG sebagai perusahaan yang memiliki kompetensi dalam bidang pengembangan dan penyelenggaraan Infrastruktur TIK Neutral yang menunjang adanya penyediaan 4G/5G signal coverage, IoT dan solusi digital lainnya optimis dapat memberikan kontribusi dalam kerjasama ini, yaitu memberikan solusi kemudahan komunikasi terutama di masa saat pandemi ini dalam mendukung program pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu kebijakan Work From Bali (WFB) yang diluncukan secara bertahap, guna mendukung percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali.

 

Trend terhadap digital nomad ini mengharuskan penyedia kawasan untuk memberikan jaminan ketersediaan data serta internet, serta hal-hal penunjang yang mempermudah aktifitas digital nomad yang berada dalam satu smart cluster ITDC The Nusa Dua.

 

Bertempat di Wantilan ITDC di Kawasan The Nusa Dua, penandatanganan PKS dilakukan oleh Direktur Utama ITDC NU A.A. Istri Ratna Dewi dan Direktur TBIG Budianto Purwahjo, dan disaksikan oleh Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Ema Widiastuti dan Chief Product and Innovation TBIG Gusandi Sjamsudin.

 

Kerjasama ini bertujuan untuk mengintegrasikan layanan TIK di kawasan The Nusa Dua guna meningkatkan pelayanan teknologi informasi dan komunikasi bagi pelaku usaha di The Nusa Dua serta mewujudkan visi The Nusa Dua sebagai Smart Resort.

 

Melalui kerjasama ini, ITDC NU bersama TBIG akan menyelenggarakan neutral infrastruktur dan layanan TIK meliputi kegiatan untuk membangun, menempatkan, mengoperasikan, memelihara, mengelola dan/atau menyewakan neutral infrastruktur dan layanan TIK kepada operator telekomunikasi/provider/pelanggan/end user/publik di kawasan The Nusa Dua.

 

Dimulainya kerjasama ini juga ditandai dengan ground breaking pembangunan neutral infrastruktur TIK berlokasi di Common Area kawasan The Nusa Dua. Nantinya neutral infrastruktur TIK ini akan dikelola oleh ITDC NU dan TBIG untuk memberikan layanan telekomunikasi, layanan internet, telepon, TV, aplikasi beserta layanan lainnya kepada Operator Telekomunikasi, Internet Service Provider (ISP), tenant, dan publik di kawasan The Nusa Dua.

 

ITDC menyambut baik kerjasama yang terjalin antara ITDC NU dengan Tower Bersama Group. Kerjasama ini merupakan salah satu wujud komitmen kami dalam memberikan layanan terbaik bagi tenant dan pengunjung di kawasan pariwisata The Nusa Dua yang dikelola ITDC serta yakin bahwa dengan kerjasama ini akan memberikan nilai tambah kawasan The Nusa Dua sebagai sebuah destinasi wisata MICE terkemuka di Indonesia and world class tourism complex dan optimistis, kelengkapan di bidang TIK ini akan dapat membantu kesuksesan penyelenggaraan event-event besar yang akan berlangsung di The Nusa Dua.