EmitenNews.com - Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN) Nixon Napitupulu mengungkapkan saat ini terdapat 12,7 juta keluarga yang belum memiliki rumah. Sementara pihak pengembang hanya mampu membangun 600 ribu sampai 800 ribu rumah per tahun.


Nixon memaparkan bahwa pengembangan sektor perumahan dapat menjadi mesin penggerak pertumbuhan ekonomi nasional dan berdampak terhadap 173 sektor turunan.


"Oleh karena itu Kami sampaikan ke Kementerian Keuangan untuk menjadikan perumahan salah satu motor untuk mendorong pertumbuhan dengan fokus membantu penduduk yang belum punya rumah. Upaya ini akan berdampak pada 173 sektor turunan," ujarnya di Jakarta, (7/2).


Menurut Nixon segmen perumahan yang berpotensi besar untuk dikembangkan adalah rumah sederhana dan sangat sederhana, bukan rumah mewah. Sementara penjualan tempat tinggal mewah cenderung melambat, sedangkan penjualan perumahan sederhana dan sangat sederhana diproyeksikan dapat tumbuh mencapai dua digit pada 2024.


"Kami menguasai 40 persen dari pangsa pasar Kredit Pemilikan Rumah (KPR), jadi kami dapat memprediksi bahwa tahun ini kemungkinan KPR masih akan tumbuh dua digit," ujar Nixon.(*)