EmitenNews.com - PT PLN (Persero) menandatangani perjanjian kerja sama strategis dengan sejumlah perusahaan, pada ajang COP28, Minggu (3/12/2023), di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyaksikan langsung penandatanganan empat kerja sama penting itu.

 

Istimewanya BUMN kelistrikan itu, mengantongi kesepakatan penting dalam akselerasi transisi energi Indonesia itu, pada perhelatan Konferensi Perubahan Iklim Persatuan Bangsa Bangsa, COP28, di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

 

Perjanjian itu dari Global Energy Alliance for People and Planet (GEAPP), The US National Renewable Energy Laboratory (NREL), KFW, PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) dan Asian Development Bank (ADB), Cirebon Electric Power (CEP), dan Indonesia Investment Authority (INA).

 

Dalam keterangannya yang dikutip Senin (4/12/2023), Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi dukungan nyata dari pihak global dalam mewujudkan transisi energi di Indonesia.

 

Dengan semangat itu, Menteri Sri Mulyani Indrawati menargetkan, kesepakatan yang diteken pada momen COP28 di Dubai ini bisa dieksekusi dalam dua tahun ke depan.

 

“Ini langkah awal yang saya harapkan bisa menjadi hal nyata dalam satu dua tahun ke depan. Terima kasih atas dukungan semua pihak dalam kepercayaannya bekerja sama dengan Indonesia dalam memitigasi krisis iklim," kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati. ***