EmitenNews.com - Aktif memacu pengembangan industri kreatif, terutama di subsektor kriya dan fesyen, Kementerian Perindustrian siap menggelar kegiatan Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) 2023. Upaya ini sudah dilaksanakan melalui Bali Creative Industry Center (BCIC), sejak 2015.

 

Dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (24/3/2023), Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Reni Yanita mengungkapkan, BCIC wadah yang didirikan sejak tahun 2015 bagi para pelaku industri kreatif kriya dan fesyen untuk mengembangkan usaha dalam konteks meet-share-collaborate. 

 

“Di sini, para pelaku bisa bertemu, berbagi pengalaman dan ide kreatif sehingga pada akhirnya bisa berkolaborasi untuk menciptakan karya bersama," kata Reni Yanita.

 

Tahun ini, BCIC akan menyelenggarakan dua kegiatan utamanya, yaitu Inkubator Bisnis Kreatif serta Kompetisi Kriya & Fesyen lingkup nasional melalui kegiatan Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA). 

 

Kegiatan Inkubator Bisnis Kreatif dilaksanakan melalui metode klasikal dan pendampingan yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan wirausaha muda kreatif di bidang Fesyen dan Kriya yang dapat naik kelas.

 

Asal tahu saja, rangkaian program coaching Inkubator Bisnis tahun ini merupakan lanjutan program serupa tahun 2022. Melalui program ini, para peserta akan mendapatkan pendampingan dengan target peningkatan omzet sebesar 100-300 persen.

 

Menurut Reni Yanita, rangkaian Kegiatan Inkubator Bisnis Kreatif BCIC sesi klasikal pada tahun ini akan dimulai pada Juni 2023, disertai masa sosialisasi dan pendaftaran selama dua bulan. Selanjutnya, sesi klasikal dilaksanakan September-Oktober 2023.

 

Programnya berlangsung secara hybrid (online dan offline) dengan target peserta 60 orang. Di akhir sesi para peserta mendapatkan kesempatan untuk melakukan business pitching di depan para calon investor.

 

Secara umum program coaching CBI telah berhasil membantu para alumninya dalam mengatasi permasalahan dan mengembangkan bisnis, seperti meningkatkan kapasitas produksinya, meningkatkan omzet, bahkan bisa naik kelas dari skala mikro ke kecil atau dari skala kecil ke skala menengah.