EmitenNews.com - PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) yang didukung penuh oleh Majority Shareholder KB Kookmin Bank telah kembali menunjukkan konsistensi dan komitmennya untuk melakukan transformasi secara menyeluruh melalui evaluasi untuk peningkatan kinerja yang lebih baik di tahun berikutnya. 


Salah satunya strategi Perseroan yang yaitu Turn Around Strategi (Transformation, Undercut Cost, Risk Manage, dan New Digital) dimana Perseroan akan membangun struktur keuangan yang berkelanjutan, dengan kompetensi sumber daya manusia yang berdaya saing, dan budaya perusahaan yang beretika. Dengan tiga hal tersebut, bisnis Perseroan dapat tumbuh secara berkelanjutan dengan fokus pada Good Bank yang didukung oleh perbaikan IT infrastruktur dan digital innovation.


Berbagai aktivitas bisnis tersebut menjadi bukti konsistensi dan komitmen transformasi Perseroan secara menyeluruh serta melalui evaluasi untuk peningkatan kinerja di setiap tahunnya. Hal ini juga yang mendasari penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang mengangkat Jin Bum Kim sebagai salah satu Direktur KB Bukopin.


Jin Bum Kim sendiri bukan orang baru dalam tubuh KB Kookmin. Dia pernah menduduki posisi sebagai General Manager Global Business Department, KB Kookmin Bank sejak Januari 2022. Kim pernah menjabat sebagai Team Head of Corporate Banking in Branch di KB Kookmin Bank pada 2020 – Desember 2021. Pada 2019, pria kelahiran Seoul ini dikirim ke Bank Bukopin untuk 1 tahun. 


Lalu pada 2011 – 2017, Team Head, Global Business Department di KB Kookmin Bank. Dia juga pernah menjabat sebagai Deputy General Manager of Asset-Liabilities Management Team, Financial Planning Department di KB Kookmin Bank pada 2009 – 2010.


Komposisi manajemen Perseroan berdasarkan hasil keputusan Rapat adalah sebagai berikut: Komisaris Utama: Jerry Marmen, Wakil Komisaris Utama: Nam Hoon Cho, Komisaris Independen: Stephen Liestyo Komisaris Independen: Tippy Joesoef, Hae Wang Lee, Sukriansyah S. Latief dan Eugine K Galbraith, serta Komisaris : Nanang Supriyatno. 


Jajaran Direksi KB Bukopin (BBKP) adalah Presiden Direktur: Chang Su Choi Wakil Direktur Utama: Robby Mondong, Direktur: Iwan Dharmawan, Seng Hyup Shin, Heimi Fakhrudin, Henry Sawali, Dodi Widjajanto, Yohanes Suhardi dan Jin Bum Kim.


KB Bukopin memang gencar melakukan ekspansi ke berbagai sektor bisnis. Pada segmen retail KB Bukopin akan membangun ekosistem nasabah mass affluent untuk hubungan jangka panjang dengan beragam layanan produk ritel dan memanfaatkan digital banking. 


Pada segmen SME, KB Bukopin akan menyediakan end to end business model yang berbasis risiko. Pada segmen korporasi KB Bukopin akan mengoptimalkan peluang bisnis baru dengan memanfaatkan jaringan bisnis Indo-Korean (Korean Desk) melalui perusahaan besar sebagai anchor company untuk membangun ekosistem value chain and supply chain. 


Hal menarik mengenai bisnis Indo-Korean yaitu terjalinnya kerja sama di bidang ekonomi dan bisnis antara Indonesia dan Korea Selatan semakin optimal dengan dukungan layanan keuangan yang mumpuni. KB Bukopin yang didukung ultimate shareholder KB Financial Group bersama sama melakukan inisiasi bisnis melalui Korean Link Business. 


Presiden Direktur Perseroan Chang Su Choi menyatakan bahwa “Dengan kekuatan modal KB Financial Group, KB Bukopin akan mampu menyediakan permintaan modal oleh perusahaan-perusahaan besar. KB Bukopin akan menciptakan sistem kerja sama yang saling menguntungkan dalam supply chain melalui produk atau fasilitas keuangan seperti SKBDN, Bank Garansi, dan lannya”. 


Hingga saat ini, terdapat 51 Perusahaan Korea yang telah bergabung dalam Korean Link Business yang diluncurkan Perseroan pada Q1 2022. 44 di antaranya dalam penghimpunan dana (funding) dan 7 lainnya dalam penyaluran kredit (lending) dan trade finance. 


Dengan tren positif perekonomian nasional, Perseroan yakin dapat berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional melalui berbagai inovasi layanan dan produk bagi perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia. Nama besar perusahan Korea yang telah terjaring dalam Korea Link Business KB Bukopin antara lain yaitu Lotte Group, LG Electronics, Hyundai, Hankook Tire, Lock & Lock, lainnya. 


Tingkat penghimpunan dana (funding) Korean Link Business posisi 31 Desember 2021 mencapai Rp7,82 triliun dengan pertumbuhan yoy Rp6,31 triliun atau 395,8, serta total penyaluran kredit (lending) sampai dengan 31 Desember 2021 telah mencapai Rp420 miliar.