EmitenNews.com - Pemerintah Indonesia menegaskan pentingnya kesetaraan dalam melawan pandemi Covid-19, salah satunya melalui program vaksinasi. Dalam sambutan pembukaan Bali Democracy Forum (BDF) ke-14 yang digelar secara hybrid, Kamis (9/12/2021), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, mengatakan, kita harus memegang teguh kesetaraan untuk memastikan pemulihan yang cepat dalam demokrasi seteraan adalah soal fairness.


"Setiap orang harus memiliki kesempatan setara untuk melawan pandemi covid-19," kata Menlu Retno Marsudi.


Menurut Retno Marsudi, semua pihak harus berusaha memastikan adanya kesetaraan dalam hal pemberian vaksin, terutama untuk negara berpenghasilan rendah. Sebab, kesenjangan vaksinasi saat ini masih sangat lebar. Di negara kaya, warga yang sudah divaksinasi setidaknya dengan dosis pertama yakni 64,94 persen populasi. "Sementara di negara berpendapatan rendah 8,06 persen. Ini tentunya tidak dapat dibiarkan."


Oleh karena itu, semua pihak harus mendemokratisasikan distribusi vaksin ke semua negara, terutama yang penduduknya belum menerima dosis pertama. Berkaca dari pengalaman Indonesia, Menlu Retno Marsudi mengatakan, pemerintah memastikan seluruh rakyat memiliki kesetaraan akses terhadap vaksin.


"Hingga hari ini kita telah memvaksin lebih dari 142 juta orang dan hampir memenuhi target vaksinasi 40 persen populasi pada akhir tahun 2021 sebagaimana ditetapkan WHO," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. ***