EmitenNews.com - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan membiayai pembangunan dua unit Kapal Patroli Cepat (PC) 40 milik TNI Angkatan Laut senilai Rp145 miliar. Pembiayaan ini diberikan kepada PT Citra Shipyard untuk proyek pembuatan KRI Selar dan KRI Butana yang akan memperkuat armada TNI AL.

SVP Commercial Banking Bank Mandiri, Ferdianto Munir, menjelaskan bahwa langkah ini menegaskan peran Bank Mandiri sebagai agen pembangunan dan komitmennya dalam mendukung pertahanan negara. 

"Kami terus memberikan dukungan optimal, baik melalui pembiayaan maupun layanan transaksi keuangan, untuk memperkuat industri maritim Indonesia. Ini sejalan dengan misi kami mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan memperkuat kedaulatan negara," ujar Ferdianto saat acara Ceremony Delivery dan Pengukuhan Komandan di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (5/9). 

Acara tersebut turut dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dan Direktur Utama PT Citra Shipyard, Jovan.

Ferdianto menambahkan bahwa dukungan Bank Mandiri terhadap pembangunan kapal patroli cepat ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan untuk mendukung kemandirian alat utama sistem pertahanan (Alutsista) Indonesia. 

Hal ini sejalan dengan visi Bank Mandiri sebagai mitra strategis pemerintah dalam pembangunan sektor-sektor penting bagi kemajuan bangsa.

Sebagai informasi, Bank Mandiri mencatat pertumbuhan penyaluran kredit komersial sebesar 23,59 persen secara tahunan (YoY) hingga Juli 2024, dengan total penyaluran mencapai Rp266,07 triliun. 

Pencapaian ini memperlihatkan komitmen Bank Mandiri dalam mendukung sektor-sektor produktif yang berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional.