EmitenNews.com - Politikus Partai Golkar, Jusuf Hamka, berjanji akan menggratiskan biaya sekolah dan transportasi umum di Jakarta jika terpilih dalam Pilkada serentak 2024. 

Hal ini disampaikan Jusuf saat memaparkan kronologi pencalonannya oleh Partai Golkar untuk mendampingi Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, dalam Pilgub Jakarta.

Jusuf mengaku sempat terkejut ketika Partai Golkar menunjuknya sebagai calon wakil gubernur untuk mendampingi Kaesang. 

“Mendadak saya dipanggil, terus dibilang 'kamu ditunjuk kalau Pak Kaesang mau maju ini wakilnya'. Saya cuma bisa bilang ini enggak salah pak. Saya enggak punya logistik, logistik saya bukan buat bagi-bagi ke rakyat," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (13/7).

Meskipun mengaku tidak memiliki dana logistik untuk dibagikan kepada masyarakat, Jusuf menegaskan bahwa dirinya siap maju dalam Pilkada DKI Jakarta sesuai keputusan partai. Ia juga mengklaim mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang akan disediakannya.

Salah satu langkah yang akan dilakukan Jusuf adalah menyediakan program sekolah, transportasi, dan kesehatan gratis bagi warga DKI Jakarta. 

“Kalau rakyat membutuhkan logistik saya, saya enggak bisa menjanjikan logistik buat rakyat. Saya bisa menjanjikan kesejahteraan kalian pasti akan lebih baik," ujarnya.

Jusuf menegaskan bahwa program-program tersebut masih realistis untuk dijalankan, mengingat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jakarta mencapai Rp96 triliun.

“Rakyat Jakarta ini perlu transportasi gratis, sekolah gratis, kesehatan gratis, karena buat mereka sekolah ini mahal sekarang. Jadi semua disubsidi aja karena APBD ada Rp96 triliun, gitu aja kok repot. Dananya banyak," tegasnya.

Dengan janji-janji tersebut, Jusuf berharap dapat menarik dukungan dari masyarakat Jakarta untuk mewujudkan visi peningkatan kesejahteraan melalui penyediaan layanan publik gratis.